Antisipasi Jalur Rel KA Dari Luberan Lumpur Lapindo

0
9

Sidoarjo restorasihukum.com – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memberikan tugas kepada Bupati Sidoarjo Saiful Ilah untuk membantu dalam pembebasan lahan jalur KA baru dari Sidoarjo menuju Gunung Gangsir, Pasuruan.Hal ini di lakukan bertujuan untuk menantisipasi jalur kereta api (KA) terkena luberan lumpur lapindo.

              Anggaran pengadaan tanah jalur KA baru ini sepenuhnya dari APBD, dimana jalur KA baru ini akan memotong lintas wilayah Kecamatan Tulangan, Krembung hingga sampai Pasuruan.  “Kami siap membantu dan insya Allah akan segera saya tindaklanjuti permintaan Pak Jonan itu,” kata Saiful Ilah.

              Rute baru KA ini sangat perlu,mengingat kondisi tanggul kolam penampungan lumpur, terus dipenuhi semburan lumpur panas yang keluar dari bekas area sumur Banjar Panji I milik Lapindo Brantas Inc tersebut.

              Saiful Ilah menjelaskan bahwa keberadaan rel kereta api di Porong terancam lumpur, karena tanggul sudah mengalami peninggian berulangkali, namun tetap saja was-was karena lumpur juga semakin tinggi.

              Pembangunan ini untuk menyelamatkan jalur kereta api dari Surabaya yang menuju selatan dan sebaliknya, apabila rel KA di Porong sudah tidak bisa diselamatkan lagi akibat terkena lumpur.dan gagasan Menhub untuk membuka trayek baru antara stasiun Tulangan-Gunung Gangsir, dan itu langkah tepat.

              Bupati Sidoarjo menegaskan pembangunan jalur KA yang baru ini ,semua juga untuk kepentingan bersama, terutama untuk masyarakat yang biasa menggunakan jalur transportasi kereta api dan untuk tugas membebaskan tanah,akan melibatkan atau bekerja sama dengan instansi luar daerah maupun pejabat terkait.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here