BPJS Terancam Bangkrut

0
11

Surabaya,restorasihukum.com – Terjadinya defisit pengeluaran hingga triliunan rupiah dalam setahun menyebabkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jatim terancam bangkrut.

    Hal ini terjadi menyusul Tingginya pembiayaan yang dikeluarkan dibandingkan premi yang diterima dari peserta.

      Menurut informasi Dana iuran yang dihimpun dari peserta hanya Rp 3 triliun, sedangkan jumlah klaim tagihan yang dibayarkan ke Puskesmas atau rumah sakit mencapai Rp 5,7 triliun.

   Seperti yang dikatakan Koordinator BPJS Watch Jatim, Jamaludin, bahwa tanda-tanda kebangkrutan BPJS Kesehatan bisa dilihat dari kinerja keuangan yang mengalami defisit luar biasa pada tahun 2014 lalu.

    Dalam rapat tentang BPJS di Kantor Wakil Gubernur, Rabu ia mengatakan,”Defisit antara iuran dengan klaim yang mencapai Rp 2,7 triliun inilah yang mengacam kebangkrutan BPJS Kesehatan”.

     Tingginya defisit tersebut menurut Jamal disebabkan, antara lain, rendahnya kepesertaan dari pekerja/buruh. Lalu program Jamkesda masih diselenggarakan sendiri oleh Pemprov dan Kabupaten/Kota sehingga daerah tidak menyetor ke BPJS Kesehatan. Kemudian peserta BPJS yang baru daftar ketika sakit dan setelah selesai berobat iurannya nunggak.

     Jamal juga menegaskan selain hal tersebut diatas, adanya indikasi Fraud, yakni kecurangan yang dilakukan oknum di fasilitas kesehatan dengan me-mark up biaya layanan kesehatan terhadap peserta juga menjadi penyebab kebangkrutan ini.(hsm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here