Kamis, 02 November 2017 08:18

Kapolres Nias Gelar Pasukan "Operasi Zebra" Razia Selama 14 Hari

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)
Gunungsitoli,restorasihukum.com - Mapolres Nias melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi "Zebra Toba Tahun 2017" di Lapangan Apel Mapolres Nias - Daerah Sumatera Utara. Rabu (01/11/2017) pagi.


Bertindak sebagai Pembina Kapolres Nias AKBP Erwin Horja H. Sinaga, SH,S.IK dengan Perwira Apel Kasat Lantas AKP Tamba Hutagaol dan Komandan Apel Kanit Laka Ipda Hendrik Syahputra, SH.

Pelaksanaan apel pasukan diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Pembina Apel, dan dilanjutkan dengan penyematan Pita Operasi Zebra Toba Tahun 2017 kepada perwakilan, baik kepada Sub Denpom 1/2 – 5 Nias, Kodim 0213 Nias, Propam Polres Nias, Sat Lantas, Sat Sabhara, Sat Pol PP serta Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Nias membacakan amanat dari Kakor Lantas Polri Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M.

"Dengan pelaksanaan Operasi Zebra Tahun 2017 ini diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi yaitu: meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalulintas, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalulintas". Menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri serta terwujudnya situasi Kamseltibcar Lantas menjelang perayaan Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru 01 Januari 2018",  ujar Kapolres Nias.

Operasi Zebra, Razia tersebut dilaksanakan selama 14 hari, dari tanggal 01 November 2017 sampai dengan 14 November 2017.
 
 
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kesadaran dan kepatuhan terhadap Undang-Undang Lalulintas dengan Slogan " Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan dan Keselamatan menjadi Kebutuhan " guna menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran Lalu Lintas di wilayah Hukum Mapolres Nias.
Pasukan ini dihadiri oleh Kasdim 0213 Nias Mayor Arh. K. Sinaga, Dansub Denpom I/2-5 Nias Kapten T. Tambunan Para Kabag, para Kasat, para Kapolsek, pasukan dari Kodim 0213 Nias, pasukan dari Polri Polres Nias, dan Polwan Polres Nias, baik Personil Satpol PP Kota Gunungsitoli serta Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli.
 
Pantauan kami "Operasi Zebra Tahun 2017" tersebut dilaksanakan mulai tanggal 1 November sampai dengan 14 November 2017. Jajaran Polri melakukan penertiban pada pelanggaran² berlalu lintas secara serentak.
Kepada yang menggunakan Kendaraan bermotor baik Roda 2 atau Roda 4 agar melengkapi perlengkapan sesuai peruntukannya, antara lain:
Kendaraan Roda Dua:
●Kaca Spion Sepeda Motor Wajib 2, TNKB/Plat Nopol Sesuai Spektek/Cetakan Polri.
●Melengkapi Surat² kendaraan seperti SIM dan STNK serta Gunakan HELM Standar Nasional Indonesia (SNI).
●Menghidupkan lampu utama baik siang maupun malam hari untuk Sepeda Motor.

Sementara Kendaraan Roda 4:
●Safety Belt/Sabuk Keselamatan untuk R4 atau lebih.
●SIM dan STNK.
Untuk mobil atau sepeda motor yang ada lampu rotator atau strobo untuk sementara waktu agar dilepas karena lampu tersebut bukan kelengkapan kendaraan pribadi.

"Stop Pelanggaran Stop Kecelakaan Keselamatan Untuk Manusia" (al)

Dibaca 119 kali