Dari Jalur SNMPTN, UB Malang Jaring 5.500 Mahasiswa Baru

0
4

Malang restorasihukum.com –  Kepala Bagian Humas UB, Susantinah Rahayu di Malang, Senin mengatakan Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, bakal menjaring sekitar 5.500 mahasiswa baru dari jalur undangan atau atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun akademik 2015-2016.

      Dimana kuota mahasiswa baru dari jalur undangan atau seleksi sebanyak 5.500 orang tersebut merupakan 50 persen dari kuota secara keseluruhan, yakni sebanyak 11 ribu mahasiswa.

      Susantinah Rahayu mengatakan, “Tahun ini mahasiswa baru yang diterima sebanyak 11 ribu orang dan 50 persennya dari jalur undangan, 30 persen dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan 20 persen dari jalur mandiri”.

      Pendaftarannya dibuka 13 Februari hingga 15 Maret 2015 dan pengumuman pada 9 Mei 2015. Sementara itu Untuk pengisian pangkalan data siswa sekolah (PPDS) mulai bisa diakses mulai 22 Januari dan ditutup 8 Maret 2015.

     Diketahui dua tahun sebelumnya, jumlah mahasiswa baru di UB mencapai hampir 17 ribu orang yang masuk dari jalur undangan, SBMPTN dan jalur undangan. Selain itu juga ada mahasiswa program pascasarjana (S2) yang jumlahnya juga mencapai ribuan.

     Seperti yang di katakan,Ketua Pusat Jaminan Mutu UB, Achmad Wicaksono bahwa Rektor UN Prof M Bisri memang menurunkan kuota mahasiswa baru secara bertahap, artinya setiap tahun daya tampungnya diturunkan karena UB ingin menjaga kualitas lulusan dan menyeimbangkan rasio antara jumlah mahasiswa dan dosen.

     Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang sendiri kuota mahasiswa juga sama seperti tahun lalu, yakni sekitar 3.500 mahasiswa. Rektor UIN Maliki Prof Dr Mudjia Rahardjo.”Kami masih belum bisa menambah kuota mahasiswa yang diterima karena menyesuaikan kapasitas asrama bagi mahasiswa baru, sebab seluruh mahasiswa baru wajib tinggal di asrama selama satu tahun”.

     Dan untuk Universitas Negeri Malang (UM) kuota mahasiswa baru yang diterima dari jalur undangan juga sebanyak 50 persen dari kuota secara keseluruhan yang mencapai 6.000 mahasiswa, sama seprti tahun lalu.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here