Diduga Ada Pungutan Liar (Pungli) Di SMA Negeri 2 Malang

0
34

Malang, restorasihukum.com – Kasus penahanan ijazah siswi SMAN 2 tahun 2018 menjadi perhatian Rahmad, seorang Pemerhati Pendidikan,terlebih berita tersebut sempat viral dimedia online.

Ditemui dikantornya ,selasa (23/7/2019) ,Iapun menerangkan bahwa ijazah merupakan hak siswa siwi yang tidak boleh ditahan ataupun ditunda pembagiannya dengan dalih apapun.

Sebab,  Ijazah sangat diperlukan untuk melanjutkan kejenjang pendidikan berikutnya atau mencari kerja.

“Kalau pihak sekolah SMAN 2 yang beralamat di Jalan Laks. Martadinata no 84 Malang tersebut tidak memberikan ijazah, sama saja dengan menghambat langkah murid sekolah untuk melakukan ke jenjang berikutnya bahkan hingga mencari pekerjaan.

Apalagi, penyebabnya hanya karena siswa/siswi tersebut belum bisa melunasi sisa pembayaran uang gedung.

Jadi, bisa disebut tindakan SMAN 2 Malang sangat menyalahi aturan ,sekaligus mencoreng dunia pendidikan.

Mengacu peraturan Mendikbud 75 th 2016 pasal 1, ayat 4  yang berbunyi ” Pungutan pendidikan, yang selanjutnya disebut pungutan adalah penarikan uang oleh Sekolah kepada peserta didik, orangtua/ walinya yang bersifat wajib, mengikat, serta jumlah dan jangka waktu pemungutanya ditentukan.

“Pembangunan gedung sudah di tanggung oleh pemerintah jadi jika ada sekolah yang masih minta uang gedung, maka sekolah itu telah melakukan pungli,” tegas Rahmad. Yud/Rin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here