Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan Mengajak Perusahaan Untuk Melaksanakan CSR

0
6

Pasuruan, restorasihukum.com – Pemerintah kabupaten Pasuruan, telah menyukseskan dan mengajak seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Pasuruan untuk merealiasikan kewajiban CSR (Cooperate Social Responsibility) nya.

      Salah satunya telah dilakukan oleh Dinas Perikanan, yaitu dengan cara mengundang perusahaan yang ada di Kabupaten Pasuruan, dan perusahaan tersebut sebanyak 25 perusahaan yang bergerak di bidang perikanan pada acara Fasilitasi CSR Perikanan di Kabupaten Pasuruan, di sebuah rumah makan yang terletak di Kota Pasuruan, Senin (20/02).

      Untuk fasilitasi acara tersebut dibuka oleh ketua Forum Peningkatan Konsumsi Makan Ikan (Forikan) kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf, dan dihadiri oleh seluruh perwakilan perusahaan perikanan di 10 kecamatan.

      Kepala dinas perikanan kabupaten Pasuruan, Slamet Nur Handoyo menjelaskan, tujuan fasilitasi dan kegiatan tersebut adalah ikut peduli terhadap pembangunan perikanan yang ada di kabupaten Pasuruan maupun segala permasalahan yang ada di dalamnya.

      “Suatu contoh banjir yang melanda Kabupaten Pasuruan yang telah merusak tambak, dan belum lagi ikan-ikan yang habis terbawa arus, sehingga membuat gagal panen. Maka dari situ kami ingin mengajak seluruh perusahaan yang ada di kabupaten Pasuruan, agar program CSR (Cooperate Sosial Responsibility) nya diarahkan di Kabupaten Pasuruan,” jelas Slamet Nur Handoyo.

      Lebih lanjut Slamet menjelaskan, bahwa dari 25 perusahaan perikanan yang ada di kabupaten Pasuruan, telah melaksanakan progam CSR cuma hanya ada 1 perusahaan saja yang melaksanakan CSR di Kabupaten Pasuruan, yaitu PT Matahari Sakti.

      Sedangkan untuk 24 perusahaan yang lainnya masih belum melaksanakan progam CSR, sehingga harapan kami dengan pertemuan ini ada inisiatif bagi perusahaan untuk segera melaksanakan progam CSR dan kami berharap kepada semua perusahaan perikanan kabupaten Pasuruan segera melaksanakan progam CSR (Cooperate Sosial Responsibility).

      Dari 24 perusahaan tersebut ada salah satu perusahaan yang menjelaskan akan melaksanakan CSR diluar Jawa, Slamet menjelaskan daripada melaksanakan jauh-jauh mendingan melaksanakan di daerah sendiri. Sebab CSR belum tersentuh oleh pemerintah daerah,” tegasnya.

      Slamet menambahkan, perusahaan-perusahaan perikanan di Kabupaten Pasuruan yang tersebar adalah di wilayah Kecamatan Rejoso, Beji, Gempol, Kejayan, Pandaan, Rembang, Kraton, Wonorejo, Purwosari dan Gondangwetan .

      Untuk wilayah tersebut ada yang bergerak di bidang pengalengan ikan dan rajungan, cold storage (pembekuan), pengolahan rumput laut, serta pembenihan nila dan lele.

      Pihaknya mentargetkan bagi perusahan yang ada di kabupaten Pasuruan, akan membantu dalam kegiatan peningkatan konsumsi makan ikan, bantuan logistik banjir, bantuan benih ikan maupun bantuan pendidikan.

       “Khususnya untuk pendidikan, kami ingin nantinya yang lulusan dari SMA atau SMK yang sekolah di kabupaten Pasuruan, agar nantinya menempuh ilmu di Poltek Perikanan Sidoarjo, dan beasiswa yang diberikan perusahaan perikanan Kabupaten Pasuruan, akan nantinya akan bisa membantu untuk anak-anak yang kurang mampu agar dapat kuliah dan bisa lulus, supaya anak-anak tersebut bisa menjadi generasi penerus dibidang pembangunan pertanian Kabupaten Pasuruan,” jelasnya.

       Di sisi lain, Ketua Forikan Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf mengaku bangga dan mendukung untuk langkah-langkah yang dilakukan Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, dengan mengundang para perusahaan dibidang perikanan yang telah membantu dalam pembangunan pertanian dan juga memberi benih bibit ikan, serta pendidikan untuk anak-anak yang kurang mampu yang ada di kabupaten Pasuruan.

      “Untuk program Forikan ini adalah bagi anak-anak Kabupaten Pasuruan bisa terbiasa makan ikan sejak dini. Nah kalau untuk bagi perusahaan-perusahaan di Kabupaten Pasuruan yang telah  membantu untuk memajukan pembangunan pertanian kami sangat berterima kasih dan kami juga menunggu kepada perusahaan untuk kerja samanya,” pungkasnya. (Pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here