Dinas Pertanian Kota Batu Menjadi Finalis Kovablik 2019

0
36

Batu, restorasihukum.com —  Dinas Pertanian Kota Batu    terpilih sebagai finalis Kompetisi Inovasi publik (Kovablik) 2019 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, jl. pahlawan 110 Surabaya.

 Adapun inovasi yang diangkat dalam hal Aplikasi Amongtani IT bidang pertanian yang bertujuan mempermudah proses bercocok tanam sampai pada penjualannya.

Sedangkan penilaian  dilihat dari segi pemanfaatan  yang dianggap baik dari segi ekonomi maupun sosial, tutur Kabag Organisasi Andhang  Bidhy Harsa, SE di Balaikota Among Tani lantai 3, Jl. Panglima Sudirman No. 507, Kota Batu.

Lebih jauh Andhang memaparkan,” menjadi urutan finalis ke 21 dari 38 kota dan kabupaten se-Jawa Timur menjadi kebanggan tersendiri bagi Pemerintah Kota Batu terutama bagian organisasi yang memiliki tupoksi  sebagai promotor dan fasilitator, membantu merapikan dukumen, mendokumentasikan, dan menyerahkan proposal terkait.

Penilai Kovablik 2019 tersebut adalah tim dari Pemprov Jatim, pemerhati inovasi, akademisi, praktisi dan dari Kementerian PAN-RB. Hasil penilaian tim tersebut menyatakan proposal aplikasi berbasis IT yang bertujuan mempermudah proses bercocok tanam sampai pada penjualannya dianggap memberikan banyak aspek kemanfaatan bidang ekonomi maupun sosial.

Andhang Budhy menuturkan, kekuatan dari Aplikasi Amongtani IT ini pada pelaksanaanya adalah tenaga pendamping ahli pertanian yang tidak hanya mensosialisasikan pemanfaatan teknologi, tetapi juga memberikan edukasi, imtigasi, serta solusi terhadap masalah pertanian.

Pendampingan meliputi persiapan, bagaimana menyiapkan lahan pertanian, memilih bibit tanaman, merawatnya sampai proses panen dan pemasarannya menggunakan aplikasi tehnologi digital yang memudahkan “buyer” (pembeli) dan “seller” (penjual) melakukan transaksi.

Data yang ada menyebutkan, petani pemilik lahan yang menggunakan aplikasi IT telah mencapai 16.000 orang, dari akun “user” petani sebanyak 22.000 orang. 

Andhang Budhy, berharap saat pengumuman inovasi dan inovatornya dilaksanakan bertepatan dengan HUT Provinsi Jatim, 20 oktober mendatang. Maka Kota Batu bisa tercatat sebagai Pemenang Kovablik 2019.

Sesuai dengan surat edaran dari Pemprov Jatim bertanggal 11 Juli 2019, menyebutkan kegiatan dalam rangka implementasi UU RI No 25/ Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik; dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN-RB) No. 5/ Tahun 2019 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di lingkungan kementerian, pemerintah daerah, BUMN dan BUMD.

Selain hal tersebut, lanjut Andhang, juga terkait dengan kebijakan Pemprov Jatim dalam menerapkan gerakan “One Program One Innovation”. Yud/Rin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here