Dunia Lain Di Museum Kesehatan Surabaya

0
10

Surabaya restorasihukum.com –  Dapat dilihat lorong pembatas sebelum masuk ke ruang dunia lain di Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH Surabaya, berisi peti-peti mati bekas tertata beserta tengkorak asli manusia.

     Selain peti mati bekas, di ruang pembatas ini ada beberapa contoh lain tempat dan proses pemakaman. Seperti tradisi orang mati di Trunyan Bali, yang hanya meletakkan mayat di bawah pohon, kemudian ditutupi  dengan potongan-potongan bambu.

     Di tempat itu ada juga guci tempat tulang – belulang manusia dan beberapa rangkaian penempatan abu masyarakat Hindu yang telah diaben.

     Sementara itu terlihat juga di pojok kiri ruangan, ada tengkorak asli manusia yang dijual oleh keluarga pasien tidak mampu untuk dijadikan objek penelitian.

     Seperti penuturan Dokter. Haryadi perintis museum, bahwa “Itu tengkorak asli manusia mbak, tengkorak itu berasal dari pasien yang tidak mampu, kemudian dijual oleh keluarganya untuk dijadikan penelitian”.

     Dokter Haryadi yang juga menjadi juru kunci ruangan Dunia Lain ini juga mengatakan bahwa ruangan yang berukuran kurang lebih 1,5 × 5 meter ini, diibaratkan sebuah pembatas antara dunia dan akhirat yaitu kematian. 

     “Sebelum manusia menghadapi dunia lain (akhirat), pasti akan mati dulu, jadi ruangan ini menggambarkan kehidupan kita yang sebenarnya,”ungkap dokter Haryadi.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here