Minggu, 05 Februari 2017 09:07

Juni 2017, Pasar Gempol Kabupaten Pasuruan Diharapkan Beroperasi

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Pasuruan, restorasihukum.com - Pertengahan tahun 2017 tepatnya pada bulan Juni untuk pembangunan Pasar Gempol harus selesai dan rampung.

Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) memastikan untuk pembangunan pasar modern yang ada di Gempol, khususnya pusat grosir konveksi yang letaknya di bagian depan, akan selesai pada bulan Juni.

Edy Suwanto, Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan mengatakan, untuk perencanaan struktur pembangunan fisik Pasar Gempol sudah selesai dan rampung.

Maka dari itu untuk saat ini akan dilanjutkan dengan pemasangan keramik, partisi serta side development seperti pembangunan taman, parkir, musholla sampai dengan hidran.

"Kalau dari pembangunan pasar Gempil sudah selesai, hanya tinggal sedikit tambahan semisal keramik, memperhalus tembok dan pembangunan side development. Yang jelas saya pastikan akan selesai bulan Juni tutur Edy Suwanto. Selasa (24/01).

Ditambahkannya, untuk pasar gempol ada dua bagianĀ  bangunan permanen, yaitu pasar tradisional dan pusat grosir konveksi dan tepat dalam penataannya, pasar tradisional yang berada di bagian belakang, serta pusat grosir konveksi di bagian depan.

Untuk pasar tradisional sendiri, total ada 118 kios yang menampung para penjual yang berbagai macam dagangan , pakaian, sembako dan kios khusus ikan dan daging pun juga tersedia.

Sedangkan di pusat grosir konveksi, setidaknya terdapat 250 stan yang menjadi sentra kulakan bisa partai maupun eceran, mulai dari baju anak-anak, kain, batik dan bordir hingga kebutuhan konveksi lainnya.

"Kita akan mengoperasikan atau penataan pada pasar tradisional terlebih dahulu.

Insya allah bulan pebruari, di mana para penjual sebelumnya yang kita tempatkan di sebelah barat pasar ini akan kita pindah ke pasar yang baru kita bangun dan total 116 untuk penjual yang lama akan kita pindah dan kita tempatkan di stan-stan yang suda kami siapkan," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Irsyad menegaskan bahwa keberadaan pasar gempol sebagai pusat grosir konveksi dan bermacam-macam dagangan, yang nantinya akan menumbuhkan geliat dan perputaran ekonomi yang cukup tinggi, terutama dari wilayah barat dan selatan.

"Ketika nanti sudah terbangun dan selesai, maka akan banyak pergerakan ekonomi masyarakat dan akan bisa membatu bagi masyarakat baik dari pasuruan maupun luar pasuruan.

Di situlah perputaran uang dan perputara ekonomi akan terjadi sehingga dampaknya juga pada peningkatan taraf hidup masyarakat itu sendiri," ungkapnya. (Pur)

Dibaca 121 kali