Sabtu, 07 April 2018 06:19

KPK Resmi Tahan Ketua DPRD Kota Malang Beserta Empat Anggotanya

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Malang,  restorasihukum.com - Komisi Pemberantasan Korupsi menahan Plt Ketua DPRD Malang Abdul Hakim terkait kasus dugaan suap pembahasan APBD-P Kota Malang tahub Anggaran 2015. Selain Abdul, penyidik juga menahan empat anggota DPRD Malang periode 2013-2019 terkait kasus yang sama.

Empat orang itu adalah Sulik Lestyowati, Tri Yudiani, Imam Fauzi, dan Syaifur Rusdi. Mereka ditahan usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka.

"AH (Abdul Hakim) ditahan untuk 20 hari ke depan di Rutan cabang Guntur," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (6/4).

"4 anggota DPRD, IF (Imam Fauzi) dan SR (Syaiful Rusdi) ditahan di Rutan Pomdam Jaya Guntur. Sedangkan untuk tersangka SL (Sulik Lestyowati) dan TY (Tri Yudiani) ditahan untuk 20 hari ke depan di Rutan Pondok Bambu," jelas Febri.

Abdul Hakim berharap penahanan dirinya dan sejumlah anggota DPRD Malang lainnya tidak menganggu pembangunan dan situasi Kota Malang.

"Saya selaku ketua DPRD pengganti kota Malang harus tetap berjalan, apapun situasi penduduk kota Malang harus tetap membangun," ucapnya.

Terkait kasus ini, KPK telah menahan 14 tersangka antara lain, Wali Kota nonaktif Malang Moch Anton yang tengah mencalonkan diri kembali di Pilkada 2018, dan anggota DPRD Yaqud Ananda Gudban.

Pada Rabu 28 Maret, KPK melanjutkan penahanan terhadap lima anggota DPRD Malang terkait dugaan suap APBDP tersebut. (red/tim)

Dibaca 13 kali