Jumat, 25 Mei 2018 02:01

Polres Lamongan Bongkar Rumah Tempat Produksi Arak

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Lamongan, restorasihukum.com - Setelah Kabupaten Tuban menyatakan perang terhadap Miras dan beberapa kali di lakukan penggerebekan tempat penyimpanan dan memproduksi minuman jenis arak, rabo, 23/05/2018, jajaran Polres Lamongan berhasil membongkar tempat memproduksi arak disebuah rumah kosong milik Hj. Janah yang berada di Rt 02 Rw 06 =Dusun  Babatan Desa Sekarbagus Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan.

Dipimpin langsung oleh kapolres Lamongan AKBP Feby D. P. Hutagalung meninjau langsung di TKP, disitu polisi menemukan drum plastik warna biru serta beberapa tandon air kapasitas 1000 dan 5000 liter yang berupa miras racikan dan sejumlah barang bukti lainnya yakni peralatan yang digunakan untuk proses penyulingan miras miras racikan.

“Berdasarkan informasi dari masyarakat dan setelah dilakukan pengecekan ternyata benar dan terbukti kita menemukan adanya peralatan dan bahan yang sudah diracik dan sudah menjadi miras tinggal nantinya disuling menggunakan alat alat yang ada di rumah ini untuk proses pembuatannya dan miras miras kelihatannya belum ada yang dijual, berkat kejelian dari masyarakat yang cepat berkoordinasi dengan polsek setempat sehingga kita bisa segera mencegahnya ” terang Kapolres.

“Barang bukti kurang lebih sebanyak 4000 liter bahan baku yang akan diproduksi menjadi Arak. untuk identitas pelaku sudah kita kantongi dan nanti tinggal kita kembangkan untuk upaya tindakan kepolisian yakni penangkapan, polisi juga memeriksa sejumlah saksi termasuk salah satunya adalah pemilik rumah yang menurut informasi merupakan warga perumnas Made”  tegas AKBP Feby.

Kegiatan olah TKP dan pengecekan berawal dari anggota polsek Sugio telah melaksanakan ungkap rumah /tempat yang dijadikan produksi miras, rabo, 23/05/2018  sekitar pukul 02.00 WIB, yang berawal dari informasi masyarakat yang mencium bau menyengat.

Kapolsek dan Kanit IV satreskrim, kanit I Satreskoba, Paursubaghumas, Paur Identifikasi Satreskim, Anggota Polsek Sugio mendatangi TKP dan atas persetujuan pemilik rumah serta perangkat desa Sekarbagus masuk ke rumah untuk melakukan pengecekan dan ditemukan, 18 drum warna biru berisikan cairan baceman gula merah @200 liter, 1 drum profil tank warna putih berisikan berisikan cairan baceman gula merah 1 500 liter, 4 drum biru kosong, 2 drum profil kosong, 2 jurigen warna biru kosong, 1 drum profil putih kosong, 1 gentong merah kosong, 3 pak ragi merk mauri yah, 3 unit alat penyuling, beberapa pipa rangkaian kompor yang akan dipergunakan untuk penyulingan, yang keseluruhan barang bukti selanjutnya diangkut menggunakan dua unit dump truk menuju Mapolres Lamongan. Marhaban ya Ramadhan (anto.s)

Dibaca 29 kali