Kakanwil Kemenkum HAM Wilayah Sumut & Sesditjenpas Kunjungi Rutan Negara Kelas II B Labuhan deli

0
40

Medan Labuhan, restoraaihukum.com –

Kunjungan dua pejabat penting di lingkungan kemenKum HAM,  ke rumah tahanan negara (Rutan ) kelas II B Labuhan deli ,di sambut Akrab  oleh warga binaan ,Sabtu 31/08/19.

Sekretaris direktorat jenderal lembaga pemasyarakatan (Sesditjenpas) Kemenkum HAM- Ibnu Chuldun Bc Ip SH Msi beserta kepala kantor wilayah (Kakanwil) Kemenkum HAM Sumut -Dewa putu gede-  hadir ke rutan kelas II B Labuhan deli , dalam rangka menyaksikan penanda tanganan MOU .

Kedua pejabat di lingkungan Kemenkum HAM   yang hadir di rutan Kls II B Labuhan deli itu  guna menyaksikan penanda tanganan  MOU oleh Danramil 10 ML 0201/ BS  kapten infanteri Mustaqim yang juga di ikuti oleh kelompok tani dari desa Helvetia Labuhan deli .

MOU yang berisikan sebuah Program pembinaan kepada warga binaan rutan itu sehubungan dengan akan di adakan nya kegiatan Asimilasi bercocok tanam di atas lahan IV Hektar yang berada di desa Helvetia.

Muncul pertanyaan dari kalangan yang hadir , persoalan bercocok tanam bagi warga binaan(napi) di anggap suatu hal yang beresiko tinggi “apakah mungkin seorang napi di percayakan di alam bebas dan mengikuti kegiatan bercocok tanam pada lahan di luar rutan ?,” .

Menjawab hal ini Karutan Kls II B Labuhan deli -Nimrot Sihotang- seperti tertantang untuk tetap bersikukuh pada cita cita mulianya agar warga binaan selepas menjalani hukuman tidak down dan tetap semangat, dan memiliki kualitas hidup dan memiliki kemampuan dan skill saat kembali bersosialisasi kepada keluarga dan masyarakat dalam ke hidupan nya.

“Pimpinan harus berani mengambil ke bijakan, kalau tidak berani tidak usah jadi pimpinan” Tegas Nimrot Sihotang dengan Lantang .

Kakanwil Kemenkum HAM Sumut- Dewa Putu Gede -menyambut baik apa yang di sampaikan oleh Karutan  , dirinya sangat mengapresiasi terobosan Karutan dalam bentuk Asimilasi (Upaya Pembauran untuk meninggalkan kebiasaan lama merubah ke kebiasaan baru ) dengan upaya bercocok tanam, karena menurutnya hal ini baru yang pertama di Rutan Sumatera Utara ucapnya.

Terpisah , sekretaris direktorat jenderal lembaga pemasyarakatan  Kemenkum HAM – Ibnu Chuldun- juga menyampaikan secara langsung lewat pidatonya ,dari balik podium dirinya menyampaikan bahwa kehadiran nya di Rutan Kls II B Labuhan deli guna memberikan semangat dan motivasi ke pada Karutan atas pengembangan dan kreatifitas untuk warga binaan nya.

Usai terlaksana nya MOU , Danramil 10 ML 0201/BS kapten infanteri- Mustaqiem-   juga turut menjelaskan ke pada awak media .

” Semuanya warga binaan rutan Kls II B yang sedang menjalani pembinaan dapat berubah menjadi pribadi yang lebih baik, masa pembinaan ini adalah sebuah tahapan untuk kemasa depan yang lebih baik lagi” ucap Danramil yang ketika hadir dalam acara terlihat tampil  resmi mengenakan ke meja batik .

Terlibat hadir dalam acara penanda tanganan MOU untuk program bagi warga binaan rutan Kls II B Itu Kapolsek Medan labuhan AKP Edy safari SH yang turut di dampingi wakapolsek AKP .Ponijo SH, perwakilan dari kacab jari Labuhan deli,perwakilan dari staff kantor kelurahan Medan labuhan.

Mendapat Apresiasi serta sambutan  yang baik program Asimilasi terbaru Karutan Kls II B Labuhan deli -nimrot Sihotang – terkait kegiatan bercocok tanam di luar rutan .

Dua pejabat penting di lingkungan Kemenkum HAM , Sekretaris direktorat jendral  lembaga pemasyarakatan RI – Ibnu Chuldun beserta Kakanwil kemenKum HAM Sumut -Dewa putu gede -sangat mengapresiasi Program Asimilasi bercocok tanam yang di prakarsai oleh Karutan,- Nimrot Sihotang Amd SH MH (Edy sihotang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here