Kapolres Gresik Raih Penghargaan Penyelenggara Pelayanan Publik SIM dan SKCK

0
9

Gresik, restorasihukum.com – Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengakselerasi kualitas pelayanan publik di Indonesia.

Kemenpan RB menaungi kebijakan pelayanan publik di Indonesia dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan penyampaian hasil evaluasi pelayanan publik Tahun 2018 di Polres/Polresta/ Polrestabes merupakan tindak lanjut amanat Pasal 7 ayat (3) huruf c Undang – Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Kementerian Pendayahgunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (PANRB) berdasarkan Peraturan Menteri PAMRB Nomor 17 Tahun 2017 tentang pedoman penilaian kinerja unit peyelenggaraan pelayanan publik, pada tahun 2018 telah melakukan evaluasi kinerja unit penyelenggaraan pelayanan publik tertentu pada Polres/ta/tabes terpilih.

KemenPAN RB melaksanakan evaluasi kepada sejumlah pelayanan publik di 201 Polres dari jajaran Kepolisian Republik Indonesia ada 194 Polres jajaran termasuk Polres Gresik Polda Jatim dievaluasi Pelayanan Publik pada pelayanan SKCK dan SIM.

Penyerahan hasil evaluasi dan pemberian penghargaan pada unit pelayanan publik terbaik Tahun 2017 ini diselenggarakan di Ballroom Shangri-La Kota BNI jalan Jendral Sudirman Kav. 1 Jakarta. Acara ini dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatut Negara dan Reformasi Birokrasi Drs. Syafrudin, M.SI, Asrena Kapolri IRJEN POL Drs. GATOT EDY PRAMONO, Para Pejabat Utama Mabes Polri, Deputi pelayanan publik Kemen PAN RB. Prof Dr Diah Natalisa, Karo RBP Srena Polri beserta Staf, Para Kapolres Metro, Kapolrestabes, Kapolresta dan Kapolres sebanyak 194 satker Polri serta Para operator.

Pada pembukaan acara tersebut Menteri PAN RB Komjen.Pol.Drs. Syafruddin M. Si. mengatakan bangga dan mengapresiasi kinerja Polri, Polri sudah banyak berreformasi dengan meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Evaluasi ini dilaksanakan agar Polri tetap memiliki komitmen tanpa henti terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik dilingkungan Polri.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi Polri akan inovasinya dan teruslah berbenah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat” terang Menteri PAN RB.

Sementara itu, Deputi Pelayanan Publik Prof. Dr. Diah Natalia MPA memaparkan hasil evaluasi pelayanan publik dan workshop akan peningkatan pelayanan publik sesuai pasal 7 ayat (3) uu no 25 thn 2009 tentang penilaian kinerja unit peyelenggaraan pelayanan publik, pada tahun 2018 telah melakukan evaluasi kinerja unit penyelenggaraan pelayanan publik tertentu pada Polres/ta/tabes terpilih yaitu sebanyak 194 satker Polri pada pelayanan publik bagian SKCK dan SIM .

” Dari 194 Satker Polri yang masuk nominasi 21 Polres mendapatkan hasil nilai tertinggi yaitu A(-) kriteria SANGAT BAIK diperoleh 19 Polres, sedangkan Nilai A kriteria Pelayanan Prima diperoleh 2 Polres”, ungkapnya

Penghargaan diraih 21 Satker Polri Polres/ta/tabes diantaranya 19 Satker Polri dengan predikat A (-) Sangat Baik yaitu Polres Gresik, Polres Malang, Polresta Sidoarjo, Polres Cirebon, Polres Kendari, Polres Sukabumi, Polres Karawang, Polres Ogan Komering hulu, Polresta Banjarmasin, Polres Singkawang, Polres Subang, Polresta Palembang, Polres Musi Banyu Asin, Polres Solok Kota, Polres Balerang Kota Batam, Polres Banjar Baru, Polres Tuban, Polres Malang Kota dan Polresta Surakarta. Dan 2 Polres yang meraih Predikat (A+) Pelayanan Prima adalah Polrestabes Surabaya dan Polres Banyuwangi.

Lanjut, Deputi pelayanan publik Mengungkapkan metode penilaian evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan dengan menilai data dukung yang dikirim melalui Sistem Informasi Pelayanan Publik( SIPP) Menpan oleh operator SKCK dan SIM masing- masing Satker Polri, Pendalaman secara langsung ke masing-masing Polres oleh tim Menpan RB dan melakukan penilaian kemampuan / kopentensi yang dimiliki oleh petugas SKCK dan SIM.

Selasa, (12/11) Kepala Kepolisian Resort Gresik AKBP Wahyu S Bintoro, SH SIK MSi. yang menghadiri acara penyampaian hasil evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik lingkup Polres/ta/bes Tahun 2018 menerima langsung piagam penghargaan hasil evaluasi Pelayanan Publik pada pelayanan SKCK dan SIM yang diberikan Menteri PAN RB Komjen Pol Drs. Syafruddin M. Si.

Ditemui usai acara, Kapolres Gresik mengatakan penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan bagi Polres Gresik karena telah mampu menjadi Unit pelayanan publik Kategori Sangat Baik tahun 2018.

“Alhamdulillah Semoga penghargaan yang kita terima Menjadi pendorong, semangat, motivasi, cambuk bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. Terimakasih rekan rekan atas kerjasamanya, kerja keras, dan kerja cerdasnya serta kerja Ikhlasnya sehingga Allah SWT Tuhan YME memberikan nilai Kepada Polres Gresik kategori pelayanan Sangat Baik di tahun 2018 semoga kedepannya bisa menjadi lebih baik, Kita pasti bisa Together we can do the best .” pungkasnya.

Ags/Hum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here