Kepala Bappeda Kota Gunungsitoli Gelar Forum Perangkat Daerah

0
12
Gunungsitoli, restorasihukum.com – Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Gunungsitoli melaksanakan Kegiatan Forum Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli Tahun 2017 yang dibuka langsung oleh Walikota Gunungsitoli, bertempat di Ruang Rapat Lantai II Kantor Walikota Gunungsitoli, Jl. Pancasila No. 14. Desa Mudik Kota Gunungsitoli, Nias – Sumatera Utara. (16/03).
 
        Kepala BAPPEDA Kota Gunungsitoli, Drs. Oimonaha Waruwu, dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli Tahun 2017  bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang RKPD di Kecamatan.
 
        Sangat mempertajam indikator serta target program dan kegiatan SKPD sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah, menyelaraskan program dan kegiatan antar Perangkat Daerah dengan Perangkat Daerah lainnya dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan untuk sinergi pelaksanaan prioritas pembangunan daerah, dan menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing Perangkat Daerah,” Ujar Kepala Bappeda Gunungsitoli Drs. Oimonaha Waruwu.
 
        Ia juga memaparkan bahwa hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli tahun 2017 yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yang dimulai dari tanggal 16 s/d 18 Maret 2017 ini yaitu Penajaman Prioritas Pembangunan Daerah tahun 2018 sebagai bahan pemutakhiran Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Gunungsitoli Tahun 2018.
 
         Waruwu, mengharapkan mendukung kegiatan Prioritas Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli Tahun 2018, Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah yang memuat kerangka regulasi dan kerangka anggaran yang dirinci menurut kecamatan, dan terpilihnya delegasi dari Forum Perangkat Daerah yang berasal dari organisasi kelompok-kelompok masyarakat skala Kota untuk mengikuti Musrenbang Kota Gunungsitoli tahun 2017 ini,” tegasnya.
 
          Adapun peserta yang mengikuti kegiatan Forum Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli Tahun 2017 ini terdiri dari Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Gunungsitoli, Staf Ahli Walikota Gunungsitoli, Asisten Setda Kota Gunungsitoli, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Kepala Bagian lingkup Setda Kota Gunungsitoli, Pimpinan BUMN/BUMD, Instansi Vertikal dan UPT Dinas Provsu, Delegasi Kecamatan (Unsur Sekretariat Kantor Camat yang menangani bidang program, Unsur Kepala Desa, Unsur LPM, Unsur BPD dan Unsur Perempuan).
 
           Perwakilan Organisasi Kemasyarakatan, Perwakilan Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dan Pers. Sedangkan Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Kepala BAPPEDA Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli, Kepala Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Kelurahan Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas P5A Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli, Kepala BPBD Kota Gunungsitoli dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli.
 
            Materi mengenai Prioritas Pembangunan Daerah Kota Gunungsitoli Tahun 2018, Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli Tahun 2018, dan Rumusan Program dan Kegiatan Prioritas Kecamatan Tahun 2018 berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan Tahun 2017.
 
          Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua, dalam arahannya menyampaikan bahwa memenuhi amanat UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembanunan Nasional maka dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan tahunan,” katanya.
 
          Ia menambahkan Pemerintah Kota Gunungsitoli berkewajiban menyelenggarakan penjaringan aspirasi masyarakat secara berjenjang mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kota, termasuk didalamnya pelaksanaan Forum Perangkat Daerah ini. Forum yang dilaksanakan pada hari ini pada hakekatnya merupakan forum strategis bagi seluruh Perangkat Daerah untuk membahas dan menyepakati secara objektif Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah dengan memperhatikan hasil-hasil Musrenbang Kecamatan dan Pokok-pokok Pikiran DPRD yang menjadi usulan prioritas pembangunan di Kota Gunungsitoli.
 
         Walikota Gunungsitoli, memaparkan bahwa arah kebijakan pembangunan daerah Tahun 2018 sebagai Tahun ke-II dalam RPJMD Kota Gunungsitoli periode2016-2021 merupakan upaya lanjutan dari kebijakan pembangunan daerah tahun sebelumnya dengan intensitas cakupan yang lebih luas dan diarahkan pada peningkatan cakupan pelayanan pendidikan berkualitas yang semakin merata dan mudah diakses masyarakat, peningkatan cakupan layanan kesehatan yang berkualitas, murah dan mudah diakses masyarakat, peningkatan kapasitas produksi sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kelautan dan perikanan yang mendukung upaya pengembangan sektor jasa, perdagangan dan industry, peningkatan kapasitas infrastruktur dan prasarana wilayah, dan peningaktan kapasitas tata kelola pemerintahan,” terangnya.
 
          Berdasarkan arah kebijakan pembangunan diatas, maka Tema Pembangunan Kota Gunungsitoli Tahun 2018 yang telah dirumuskan adalah “PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR WILAYAH SECARA TERINTEGRASI DALAM RANGKA PERCEPATAN PENINGKATAN PEREKONOMIAN DAERAH”.
 
          Walikota, berharap agara penetapan Rencana Kerja Perangkat Daerah untuk tahun 2018 melalui forum ini diselaraskan dengan arah kebijakan dan tema pembangunan Kota Gunungsitoli Tahun 2018 serta garis-garis kebijakan yang telah ditetapkan,” tuturnya.
 
          Dalam Forum Perangkat Daerah ini dibagi dalam 3 (tiga) kelompok yaitu  Forum Bidang Ekonomi, Forum Bidang Infrastruktur dan Forum Tata Kelola Pemerintahan, Pelayanan Dasar dan Sosial. Proses pembahasan pada masing-masing forum dilaksanakan untuk memberi ruang kepada Perangkat Daerah dalam memperoleh masukan-masukan konstruktif dari pemangku kepentingan terhadap Rancangan Rencana Kerjanya.
 
          Zebua, berharap kepada Perangkat Daerah agar dapat memberikan informasi yang akurat terkait dengan setiap usulan yang berkembang, sehingga rumusan hasil Forum ini dpat menjadi bahan bagi pemutakhiran Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kota Gunungsitoli Tahun 2018,” pungkasnya.
 
          Turut hadir dalam kegiatan ini Pimpinan DPRD Kota Gunungsitoli, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, para Staf Ahli Walikota dan Asisten Sekda Kota Gunungsitoli, para Kepala Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli, Pimpinan Instansi Vertikal Kota Gunungsitoli, Pimpinan BUMN/BUMD dan UPT Cabang Dinas Provsu, Ketua TP. PKK dan DWP Kota Gunungsitoli, Camat dan Lurah se-Kota Gunungsitoli, Pimpinan Ormas, Organisasi Profesi, para Delegasi Kecamatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan, dan Pers, para Pembanding dan Pemerhati Kinerja Pemerintah Daerah, beserta hadirin lainnya. (al)
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here