Senin, 30 Oktober 2017 09:47

Perbanyak Konsumsi Serat Untuk Bebas Diabetes

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Jakarta,restorasihukum.com -adalah penyakit yang menjadi momok bagi sebagian besar orang. Selain harus terus mengonsumsi obat dan memantau kestabilan kadar gula darah, penderita diabetes pun berisiko terkena berbagai komplikasi. Mulai dari penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, hingga infeksi yang sukar sembuh.

Berbagai cara kerap ditempuh banyak orang untuk menurunkan risiko diabetes maupun menjaga agar kadar gula darah tetap stabil.

Tapi ada kabar baik bagi mereka yang dirundung diabetes. Memperbanyak konsumsi serat ke dalam menu sehari-hari ternyata sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah.

Namun, manfaat serat –khususnya bagi penderita diabetes, tak berhenti sampai di situ. Berikut manfaat lain yang bisa didapat:

  • Kenyang Lebih Lama Konsumsi serat akan menyebabkan pengosongan lambung yang lebih lama dan Anda pun akan merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, Anda lebih terhindar dari godaan ngemil.
  • Kontrol Porsi Makan Mengonsumsi serat dalam jumlah yang dianjurkan dapat membuat Anda kenyang lebih cepat, meskipun dengan porsi makan yang lebih kecil. Dengan demikian, asupan makanan pun terkontrol dan kadar gula Anda lebih terjaga.
  • Gula Darah Stabil Serat termasuk ke dalam golongan besar karbohidrat. Namun, karena tidak dapat dicerna oleh tubuh, serat akan keluar dalam bentuk utuh melalui kotoran. Oleh karena itu, konsumsi serat tidak menyebabkan peningkatan drastis kadar gula darah Anda.

Makan Apa?

Melihat banyak manfaat serat untuk penyandang diabetes atau mereka yang berisiko terkena diabetes, ada baiknya selalu memasukkan makanan berserat ke dalam menu harian Anda.Para ahli menganjurkan Anda untuk mengonsumsi 25–35 gram serat dalam sehari.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ada banyak pilihan makanan bagi Anda. Mulai dari oatmeal, roti gandum, nasi merah, brown rice, sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan adalah contoh makanan yang mengandung tinggi serat.Hidup sehat dengan diabetes? Pasti bisa! Mari, perbanyak konsumsi serat Anda.(NP/RH/Klikdokter/red)

Dibaca 13 kali