Rabu, 01 November 2017 15:13

Mari Pahami Istilah pada Label Makanan Sehat

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Jakarta,restorasihukum.com -Makanan sehat kini dapat ditemui dengan mudah di mana saja. Untuk mempermudah pembeli mengetahui seberapa sehat makanan tersebut biasanya dibubuhkan labelpada setiap kemasannya. Namun tidak semua orang tahu cara membaca kebenaran yang tersirat pada produk yang ada.

Food and Drug Administration (FDA), yang merupakan  Badan Pengawas Obat dan Makanan telah memperkenalkan kata ‘makanan sehat’ yang wajib dilampirkan pada label makanan jika telah lulus tes dan syarat yang diajukan. Hal ini diharapkan dapat membantu konsumen dalam memilih makanan sehat dengan mudah melalui label tersebut.

Berikut ini beberapa istilah yang sering tertera pada kemasan sebuah produk makanan:

-No sugar added

Pada penderita diabetes, produk ini dianggap paling sesuai. Namun, pada dasarnya makanan seperti susu, sereal bahkan buah dan sayuran mengandung gula. Jadi walaupun pada labeltidak terdapat tambahan gula, produk tersebut masih memiliki gula alami. Selain itu, produk seperti ini tidak berarti bebas kalori atau karbohidrat.

-Sugar free

Istilah ini tidak berarti bahwa produk dalam kemasan tersebut  tidak mengandung gula sama sekali, melainkan kandungan di dalamnya memiliki kalori yang lebih sedikit daripada biasanya.

-Zero trans fat

Pada kenyataannya, produk ini masih mengandung lemak jahat sekitar kurang dari 0.5 mg setiap takarnya.

-Low fat atau fat free

Apabila tertulis bebas lemak, bukan berarti tidak mengandung kalori atau gula. Bahkan produk berlabel ini bisa saja mengandung lemak yang sama dengan produk versi   full-fat.

-Light

Pada produk ini memang terasa lebih ringan, namun bisa saja jumlah kalori yang terkandung di dalamnya tetap sama.

-Cholestrol free

Daging, susu, telor, mentega sudah pasti mengandung kolesterol. Apabila pada  label tertulis bebas kolesterol pun bukan berarti tidak mengandung kolesterol sama sekali.

Biasanya pada produk bebas kolesterol ini dapat mengandung kolesterol kurang dari 2 mg, sedangkan produk rendah kolesterol mengandung setidaknya kurang lebih 20 mg per takaran sajian.

Makanan memang merupakan salah satu aspek penting dalam menjalankan pola hidup sehat. Setelah Anda mengetahui makna di balik label makanan sehat, kini Anda bisa lebih cermat dalam memilih makanan sehat. Selain itu, selalu seimbangkan dengan aktivitas olahraga agar tubuh Anda selalu bugar.(NP/RVS/klildokter/red)

 

Dibaca 15 kali