Jumat, 10 November 2017 11:03

Berapakah Batas Aman Konsumsi Telur dalam Sehari ?

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Jakarta,restorasihukum.com-merupakan salah satu makanan sehat, karena mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun di satu sisi, ternyata telur juga bisa berbahaya karena mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Atas dasar itu, Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi telur secara berlebihan. Senada dengan para ahli gizi, dr.Alvin Nursalim menyarankan bahwa telur sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari 3 butir per hari.

Di samping itu, para ahli juga menyarankan Anda untuk mengonsumsi telur yang sudah matang atau dimasak. Ini karena telur mentah berpotensi mengandung bakteri Salmonella enteritidis, yang dapat menyebabkan keracunan.

Sedangkan, jika Anda adalah pemilik kadar kolesterol tinggi, dr. Alvin juga menyarankan agar menghilangkan bagian kuning telur saat mengonsumsi telur. Ini karena bagian tersebut mengandung lemak dan kolesterol yang cukup tinggi, yakni sebesar 275 mg.

Manfaat telur bagi kesehatan

Teluryang dikonsumsi dalam jumlah tepat dapat memberikan sederet manfaat sehat. Di antara manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan otak

Telur merupakan sumber protein, selenium, fosfor, riboflavin dan vitamin B12, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan otak.

2. Mengurangi risiko penyakit mata

Telur memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin, yang dapat mengurangi risiko penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan vitamin D yang tinggi pada telur membuat telur sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

4. Meningkatkan massa otot

Telurmengandung protein dan vitamin B12. Bila makanan ini dikombinasikan dengan olahraga secara rutin dan teratur, maka otot-otot di tubuh Anda akan lebih mudah terbentuk.

5. Membantu menurunkan berat badan

Sebuah studi mengungkapkan bahwa telur dapat menciptakan rasa kenyang yang lebih lama. Hal ini sangat baik bagi Anda yang sedang mengurangi porsi makan untuk menurunkan berat badan.

Telur merupakan asupan yang tergolong murah, mudah didapat, dan sangat bermanfaat. Tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan!(nb/rvs/klikdokter/red)

 

Dibaca 17 kali