Selasa, 03 Juli 2018 00:05

Mahasiswa Mayjen Sungkono Beserta Relawan Mengajak Warga Peduli Kali Sadar

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Mojokerto, restorasihukum.com - Bantaran sungai  sudah biasa dijadikan sebagai lahan tempat tinggal bagi masyarakat. Sudah bukan hal yang aneh jika sungai menjadi ‘tempat sampah’bagi masyarakat. Seperti yang kita jumpai di Kali Sadar Mojokerto banyak sampah yang menumpuk baik sampah rumah tangga maupun limbah industri.
Kebiasaan masyarakat yang membuang sampah ke sungai akan berdampak dan merugikan bagi warga sekitar sungai. Jika musim hujan datang, sudah dapat dipastikan sungai-sungai akan meluap dan menyebabkan banjir. Karena sampah tersebut akan menghambat aliran air. Akan tetapi hal tersebut tidak pernah disadari oleh masyarakat baik yang tinggal di sekitar kali sadar atau yang memang sengaja membuang sampah di sungai setiap melintasi bantaran sungai Kali Sadar, dan ini berulang setiap tahunnya.
Mahasiswa UNIMAS (Mayjen Sungkono) yang merasa peduli akan lingkungan bersama relawan dan warga turun membersihkan seluruh sampah yang menumpuk di dalam Kali Sadar dengan keiklasan mereka demi terciptanya lingkungan yang sehat dan bersih karena tidak menutup kemungkinan jika musim hujan datang air kali sadar tidak sampai membanjiri rumah warga kota mojokerto. Bersih-bersih Kali sadar yang dilaksanakan Minggu (1/7/2018) selaku Korlap Iyan Galunggung Mahasiswa UNIMAS, giat di laksanakan sejak pagi hari pukul 07.30 hadir pula dalam giat tersebut para Pemuda pecinta lingkungan, PMI dan DLH.
Devit salah satu mahasiswa Mayjen Sungkono yang ikut dalam acara tersebut saat di temui mengatakan,"kami dari Mahasiswa UNIMAS ingin menciptakan lingkungan di sekitar tempat kita tinggal bersih dari sampah, dan untuk giat awal kita berawal dari Bantaran Kali Sadar yang kita tau bersama sampah sering menumpuk yang akan menyebabkan banjir setiap musim penghujan datang, dan kami juga mengajak warga agar sadar untuk tidak membuang sampah di Kali Sadar yang letaknya antara Kota dan Kabupaten Mojokerto. Dan kami juga meminta pemerintah baik Kota atau Kabupaten Mojokerto bisa memperhatikan dan menyelesaikan masalah sampah yang ada di Kali Sadar ini,"tuturnya.
 warga berharap Mahasiswa,DLH,maupun Relawan  selalu membantu memecahkan masalah  sampah tersebut dengan mencoba membicarakan ke pihak-pihak instansi resmi seperti pemerintah maupun UNIMAS sendiri untuk sekiranya membantu menyediakan fasilitas Tempat Sampah  di sekitar sungai, dan warga pun berharap giat seperti ini tidak cukup hanya sampai di sini saja klau bisa berkelanjutan sampai warga sadar akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat.(Ek)



Dibaca 23 kali