Langgar Ketentuan Ijin Tinggal, 6 WNA Di Tangkap Petugas

0
18

Malang, restorasihukum.com – Langgar ketentuan ijin tinggal enam Warga Negara Asing (WNA) yang terdiri dari empat warga negara China dan dua warga negara Taiwan, di amankan petugas imigrasi Malang.

     Seperti yang dikatakan Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Malang, Baskoro Dwi Prabowo, bahwa”Mereka memasuki Indonesia melalui Bandara Juanda Surabaya pada tanggal 29 juli yang lalu”.

     Menurut Baskoro ke enam WNA ini ditangkap lantaran menyalahgunakan visa, mereka mengantongi visa ijin tinggal untuk kunjungan usaha, yang seharusnya digunakan untuk pertemuan bisnis atau jual beli.

     “Sedangkan jika mereka memasang peralatan yang cukup lama, diharuskan mengantongi kartu ijin tinggal sementara,” paparnya.

     Penangkapan itu bermula dari laporan masyarakat tentang keberadaan 6 WNA tersebut. Namun sebelum melakukan penangkapan petugas sudah mengawasi  dan mengumpulkan data terkait ke imigrasian mereka.

     Keenam WNA tersebut ditangkap saat tengah melakukan pemasangan oven kayu di perusahaan CV Eka Putra, di Singosari, Kabupaten Malang.

     Baskoro juga mengungkapkan bahwa, mereka merupakan pekerja untuk produsen mesin oven kayu.  Mereka datang ke Indonesia lantaran perusahaan yang mereka datangi membeli mesin oven kayu dari negeri China. Sehingga perusahaan mendatangkan mereka sebagai tenaga ahli dari produsen mesin.

     Sekedar diketahui ke enam WNAtersebut antara lain Chang Gin Son (43), Jiangping Wang (42), Jiazong Wei (41) dan Yunfu Guo (48) kempatnya berasal dari China. Sedangkan duanya berasal dari Taiwan, Fu Yuan Kuo (48), Dan Hsin Hsi Chen (58). (rcf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here