Luncuran Bus Listrik Pertama ITS

0
17

Surabaya restorasihukum.com – Peluncurkan bus listrik yang pertama di Indonesia oleh Institut Sepuluh November (ITS) bersamaan saat warga Kota Surabaya melakukan “car free day” di Taman Bungkul, Surabaya.

             Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam peluncuran bus listrik itu mengatakan,”Eco-City di Surabaya sudah terealisasi dengan adanya bus listrik, terima kasih ITS,”. Acara peluncuran tersebut juga dihadiri mantan Mendikbud Mohammad Nuh.

             Risma juga menambahkan,”Kehadiran bus ini telah memperjelas gambaran Surabaya sebagai Eco-City, karena itu saya mendukung kalau bus listrik ITS itu dijadikan moda transportasi massal di Surabaya, terutama dikembangkan untuk mobil pribadi”.

             Menurutnya  Bus Listrik ITS mendukung Surabaya sebagai kota metropolitan berwawasan lingkungan, bahkan bus listrik tersebut menjadi jawaban atas berbagai polemik krisis bahan bakar minyak di Indoensia.

             Dosen Teknik Mesin ITS yang juga Ketua Tim Peneliti Bus Listrik ITS itu, Dr Muhammad Nur Yuniarto,di tempat terpisah  menerangkan bus listrik itu masih membutuhkan tahap penyempurnaan lebih lanjut.

             Ia mengatakan,”Berbagai uji kelayakan dan uji coba jalan juga sudah dilakukan, karena itu bus listrik dari hasil kerja sama antara ITS dengan PT Telkomsel itu siap beroperasi sebagai bus kampus pada 30 November 2014″.

            “Dengan adanya sumber tenaga tambahan berupa panel surya yang berada di atap bus juga menambah kesan canggih untuk bus itu”,jelas Nur.

             Bus dengan ukuran 2,1×6 ini mampu menampung sebanyak 26 penumpang, ditaksir bus ini menelan biaya sekitar Rp.1.5 miliar.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here