Misi Mudawam, Kepala Desa Terpilih Untuk Desa Pandesari

0
9

Malang, restorasihukum.com – Bidang Pertanian, Pengairan dan Pariwisata menjadi perhatian khusus Mudawam, Kades terpilih Desa Pandesari Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

 Dalam rencana kerja jangka menengah,   Kades terpilih 2019- 2024 tersebut mengatakan beberapa misi kepada restorasihukum.com, sabtu malam (6/7/2019) , tempat dikediamannya ,Dusun.Krajan Desa Pandesari Pujon.

3 hal  yang dirasakan mendesak untuk diterapkan,.menurut  Mudawam adalah pertanian.

Ada faktor yang menyebabkan pertanian harus segera mendapatkan solusi.

Sebagai contoh masalah adalah bibit kubis dengan kualitas buruk.

Dengan bibit jelek, bukan panen yang didapat melainkan rugi, kubis mati saat pertengahan  akibat terserang hama gajah, kalau ditanyakan pembuat bibit selau beralasan kurang pupuk,, jelasnya.

Kedua, masih erat hubungannya dengan pertanian, ialah  pengairan.

Selama ini petani banyak kerugian disebabkan pembagian air tidak diatur ,juga tidak memliki sanksi.Terkesan berebutan demi mengaliri sawah mereka.

Bahkan saat tertentu  ada yang tidak mendapatkan air, tak ubahnya tegalan. Padahal pajak sawah kan lebih mahal, urai mudawam dengan rasa sesal.

Menyikapi hal tersebut, kedepan akan dibuatkan Perdes pengaturan air, tujuannya semua masyarakat Desa Pandesari akan tertib, terarah ,bijak menggunakan air, kalaupun ada yang berbuat nakal, jelas akan dikenai sanksi, lanjutnya.

Poin ketiga, Kami akan meneruskan rencana pembangunan Rest area yang sudah menjadi program prioritas Kades sebelumnya.

Melalui  pembangunan tersebut, diharapkan PAD meningkat seiring petumbuhan ekonomi masyarakat.

Akan dibina UKM dengan  Branding produk  khas Desa Pandesari, berupa oleh oleh ,dsb.

Para penjual jasa transportasi kearah tempat wisata seperti Paralayang,  Taman Kelinci, Rumah pohon,.Taman Langit  juga berdaya. Secara langsung mereka  bisa merasakan manfaat  adanya rest area..

Intinya, Pemerintah Desa akan membuat terobosan agar perekonomian masyarakat semakin meningkat, tidak semata mata mengandalkan ADD, ucap Kades yang sebelumnya menjabat RT selama 27 tahun dan juga BPD tersebut mengakhiri wawancara. Yudi/ Ririn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here