Selasa, 31 Oktober 2017 08:27

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Kapolres Nias AKBP Erwin Horja Sinaga,SH.S.ik Komandan Upacara

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)
Nias Barat,restorasihukum.com- Pemerintah Kabupaten Nias Barat memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017, di halaman Kantor Bupati Nias Barat, Sumatera Utara. Senin  (30/10/2017) pagi.
 
Pertama kali hal yang istimewa pada Upacara kali ini dimana bertindak sebagai Inspektur Upacara Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi sebagai Inspektur Upacara dan Komandan Upacara Kapolres Nias AKBP Erwin Horja H. Sinaga, SH,S.IK.
 
Pangkostrad Letjend TNI Edy Rahmayadi membacakan Amanat MENPORA Imam Nahrawi tentang sejarah lahirnya Sumpah Pemuda.
 
 "Jangan warisi abunya Sumpah Pemuda, tetapi warisi apinya Sumpah Pemuda Karena kalau hanya abunya yang kita warisi maka kita hanya puas dengan Indonesia saat ini yang sudah satu bangsa, satu bahasa dan satu tanah air, namun ambillah api semangat, terus nyalakan, Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan, kedaerahan, karena ego inilah yang kadang mengemuka menjadi melunturkan nilai persatuan" ucap Letjend Edy Rahmayadi.
 
Upacara tersebut dihadiri oleh Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd, Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, Ketua DPRD Kab. Nias Barat Ir. Nitema Gulö beserta anggota DPRD Kab. Nias Barat, Sekda Kab. Nias Barat, para Kepala SKPD Kab. Nias Barat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda.
 
Direktur Bela Negara Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementrian RI Kolonel Lukito, Ketua Umum Forum Bela Negara RI Laksamana TNI Prof.DR. Setyo Harwono, Mayjend TNI Purn. Christian Zebua, para Ketua OKP, Ketua KNPI, Ketua GAMKI, Ketua MUI, Ketua NU Kabupaten Nias Barat dan Ketua JPKP.
Dan Peserta Upacara terdiri dari pasukan TNI-AD Kodim 0213 Nias, dan Pasukan dari Mapolres Nias serta gabungan dari Mapolsek, PNS, OKP, para Siswa Siswi Se-Kecamatan Lahömi Kabupaten Nias Barat.
Pantauan di lapangan setelah terlaksana upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-89 dilanjutkan dengan ramah tamah.
 
 
Dalam ambutan Pangkostrad  Letjend TNI Edy Rahmayadi  menyampaikan bahwa  sudah  ke 3 kalinya ia datang ke Nias, dan hal tersebut dilakukan untuk melihat  secara langsung kondisi kepulauan Nias saat ini, "Saya bangga dan saya percaya bahwa surga kecil ada di Kepulauan Nias ini, dan akan menjadi tumpuan pembangunan pada masa yang akan datang. Jelas Jenderal TNI Edy Rahmayadi.
 
 
Ia menambahkan bahwa secara Geografis Kepulauan Nias terlalu jauh dari Sumatera Utara, maka perlu dilakukan langkah-langkah  Kajian yang pasti. katanya.
 
 
Dikatakannya dari sisi nilai kebangsaan bahwa Nias dalam hal itu terbukti selama perjalanan melaksanakan  Sholat  dan menghadiri peresmian Gereja dan semua  aman  "Kasih Tuhan bukan hanya di dalam Gereja tetapi kasih Tuhan di Dunia dan akhirat "
Indonesia memiliki 1111 suku bangsa dari Aceh sampai Merauke , dan 1116 bahasa.
 
 

Lebih lanjut Jenderal mengatakan, Indonesia memiliki 6 Agama yaitu: Agama Islam, Agama Katholik, Agama Kristen, Agama  Hindu, Agama Budha dan Agama Konghucu. "Bukalah  Negara kesatuan Republik Indonesia bagi orang yang tidak mempercayai, silahkan keluar dari Indonesia. tegas Pangkostrad. (al)

Dibaca 125 kali