Rabu, 01 November 2017 12:17

Galian C Ilegal Semakin Marak Meski Telah Dilaporkan Ke Kapolres Malang Jawa Timur

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Malang, restorasihukum.com - Meskipun sempat tutup beberapa saat, kini mulai bukak lagi lokasi galian c di dusun sumbul desa Klampok kecamatan Singosari Kabupaten Malang Jawa Timur.

     Sempat diberitakan beberapa kali di media restorasihukum.com akan maraknya galian c yang diduga tanpa ijin untuk disetor pada proyek TOL, dengan dalih pekerjaan tersebut proyek nasional dari pemerintah, maka dengan seenaknya para kontraktor pelaksana proyek melakukan perusakan lingkungan  tanpa menghiraukan dampak yang akan terjadi dan menghindari pajak untuk dibayarkan pada negara.

     Sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 33 ayat 3 ”Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”. Namun itu semua hanya isapan jari semata yang manah usaha galian tersebut hanya dinikmati oleh para oknum saja tanpa menghiraukan dampak lingkungan.

     Hal ini disampaikan oleh salah seorang yang enggan disebutkan namanya, karena dump truk pengangkut tanah urug dari usaha galian c yang ada di Desa Klampok selalu lewat didepan rumahnya sehingga rumahnya selalu kotor dan kotor lagi, namun meski demikian tidak ada kompensasi yang didapatkan akibat dari kegiatan tersebut " Bagaimanah saya ngak direpotkan akibat dump truk yang lewat mas, sedangkan tiap hari saya harus bersihkan rumah pasca adanya galian itu, walaupun demikian tidak ada kompensasi yang kami dapat meskipun tiap hari ratusan truk yang lewat sini." Terangnya.

     Pada edisi sebelumya disampaikan bahwa para pengusaha galian diduga kuat sudah bayar upeti pada pihak terkait, hingga redaksi restorasihukum.com melaporkan pada kapolres Malang Akbp Yade Setiawan Ujung melalui pesan WhasApp, beliau berjanji akan memerintahkan anggotanya untuk menindak lanjuti laporan, namun hingga berita ini diturnkan kegiatan penambangan masih saja terus berjalan. 

     Seolah Kapolres sengaja membiarkan kegiatan penambangan tanpa ijin tersebut, jika memang penambangan ilegal tersebut masih terus berjalan maka pihak redaksi restorasihukum.com akan melaporkan Kapolres Malang kepropam Polda Jatim dengan dugaan membiarkan penambangan ilegal di wilayah hukumnya tanpa ada proses sesuai undang undang yang berlaku. (red/tim)

Dibaca 163 kali