Sabtu, 06 Januari 2018 15:38

Kodim 0816 SDA Mencanangkan Penanaman Penghijauan Sepanjang Ruas 13 KM Bersama Tiga Kecamatan

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Sidoarjo, restorasihukum.com - Hari saptu pagi tgl 6/1/17 Komandan Kodim 0816 Sidoarjo (Letkol Inf Fadli Mulyono,S.I.P) mencanangkan penanaman penghijauan di sepanjang ruas kanan/kiri jalan provinsi/nasional di jl. bay pass Krian-Mojokerto dengan jarak tempuh 13 Km yang menlintasi wilayah Kecamatan Krian,kecamatan Balongbemdo dan kecamatan Tarik.

Dalam kegiatan tersebut tempat pencanangan penanaman penghijauan dilaksanakan di  sepanjang jalan di PT. Lumintas Puspindo bay pass krian KM 36 yang di hadiri oleh seluruh forkopimka dari tiga kecamatan . Kecamatan Krian,kecamatan Balongbendo,kecamatan Tarik serta para pimpinan perusahaan yang berada di jalur bay pass krian dan para kepala desa beserta perangkat desa yang wilayahnya dilintasi penanaman penghijauan, jumlah peserta sendiri yang dikerahkan adalah 378 orang yang tersidiri dari TNI & Polri, GM FKPPI PC 1316 dan Kader Bela Negara.

Letkol Inf fadli mulyono menuturkan bahwa program penghijauan disepanjang ruas kanan/kiri jalan provinsi/nasional ini, merupakan program dari Kodam V/Brawijaya yang bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Prov Jatim adapun jenis tanaman yang tanam adalah pohon mahoni sejumlah 3.650 pohon dengan ketinggian rata-rata 2 Meter.

Sedangkan manfaat dari pohon mahoni ini adalah merupakan tanaman yang selalu hijau, tahan hidup ditanah gersang, ditanam secara luas di daerah tropis dalam program reboisasi maupun penghijauan dengan sistem agroforestry digunakan sebagai tanaman naungam, selain itu sejak 20 tahun terakhir ini, tanaman mahoni mulai dibudidayakan karena kayunya keras dan sangat baik untuk mebel, barang ukiran seta kulitnya bisa digunakan untuk mewarnai pakaian dan getahnya bisa sebagai bahan baku lem serta bijinya sebagai bahan baku obat herbal.

Menurut Dandim 0816 Sidoarjo Letkol inf fadli mulyono nengharakan telah diadakannya kegiatan penghijauan seperti ini semoga mampu mendukung program pemetintah dalam gerakan indonesia menanam pohon,serta menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta memgurangi dampak pemanasan global, selain itu penanaman penghijuan ini juga bermanfaat untuk menghasilkan oksigen, membuat jalan menjadi teduh dan sejuk, mampu menjaga kelembaban, menyerap debu serta membuat indah nyaman dan sehat bagi lingkungan.

Oleh karena itu Dandim 0816 Sidoarjo kapten inf fadli mulyono mengajak kepada seluruh kepala desa beserta perankat desa dan  masyarakat, perusahaan dan aparatur negara untuk ikut merawat pohon mahoni yang kita tanam ini, untuk kelangsungan menuju indonesia yang hijau, bersih,indah dan sehat selama 24 jam Begitu yang telah di sampaikan oleh komandan Kodim 0816/ sidoarjo kapten inf fadli mulyono S.I.P. (Zeey/yarno.)

Dibaca 36 kali