Sabtu, 03 Maret 2018 06:12

Kodim Sidoarjo Bersama Kepala Litbang Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI Lakukan Sergap

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Sidoarjo, restorasihukum.com - Tim SERGAP (Serapan Gabah Petani) yang dilakukan oleh Kodim 0816 Sidoarjo ternyata telah mendapat perhatian dari Kementan sehingga turunlah Kepala Penelitain dan Pengembangan tanaman pangan kementerian RI (bpk. Dr. Andriono Noto Susanto,SP.MP) yang didampingi oleh Bati Ops Dalwas SERGAP Kodim 0816 Sidoarjo (Sersan Sutrisno)  beserta LO BPTP Prov Jatim, Dinas Pangan dan Pertanian serta Danramil 0816/11 Tarik (Kapten Inf Adi Sutrisno) melakukan Serapan gabah Petani GKP di Ds. Kemuning Kec. Tarik Kab. Sidoarjo.

Menurut Kapala Litbang tanaman pangan Kementan RI mengatakan pemerintah terus melakukan upaya percepatan dan akseleraai dalam penyerapan gabah petani, termasuk kabupaten sidoarjo dan salah satu cara yang dilakukan untuk optimalisasi SERGAP ini adalah dengan membayar langsung hasil pembelian padi dari petani yang dilakukan oleh Tim SERGAP Kodim 0816 Sidoarjo seperti yang kita lakukan dihari ini.

Menurut Sersan Sutris bahwa SERGAP yang dilakukan oleh Kodim 0816 Sidoarjo yang dimulai pada tanggal 27 Pebruari s.d 3 Maret 2018 ini sudah menghasilkan kurang lebih 164 Ton dari 396 Ton gabah kering panen sesuai yang ditargetkan oleh Kementerian RI. Tentunya pembelian gabah dengan harga yang umum sesuai HPP yang diterapkan pemerintah dan Bulog.(tuturnya)

Selain itu penuturan dari bapak suparman selaku ketua kelompok tani Sumber Rejeki menyatakan bahwa SERGAP yang dilakukan oleh Kodim 0816 Sidoarjo mampu menjaga stabilan harga Gabah sehingga para tengkulak tidak berani lagi mempermaikan harga padi dilapangan. Sehingga pada musim panen raya nanti kami tidak takut lagi dengan harga padi yang anjlok atau turun, karena sudah dikawal oleh bapak-bapak dari TNI dalam hal ini Kodim 0816 Sidoarjo dan Koramil Tarik tuturnya.

Dibaca 22 kali