Sabtu, 07 April 2018 10:18

Pemko Gunungsitoli Gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

GUNUNGSITOLI, restorasihukum.com - Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Gunungsitoli menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2018, di Ruang Rapat Lantai II Kantor Walikota Gunungsitoli. (06/4/18).



Musrenbang ini merupakan upaya lebih lanjut penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan RKPD Kota Gunungsitoli tahun 2019 berdasarkan rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah yang telah diselaraskan dengan rumusan hasil MUSRENBANG Kecamatan.
Rumusan hasil Forum Perangkat Daerah, kebijakan pemerintah tingkat atas serta pokok-pokok pikiran DPRD, yang keseluruhannya digunakan sebagai bahan pemutakhiran Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Gunungsitoli tahun 2019.


Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua, buka secara resmi pelaksanaan MUSRENBANG Tahun 2018, ia menyampaikan bahwa MUSRENBANG Kota Gunungsitoli tahun 2018 ini merupakan forum strategis antar pelaku pembangunan, yang kita harapkan akan menjaga konsistensi usulan prioritas pembangunan yang telah kita sepakati bersama dalam berbagai forum penjaringan aspirasi masyarakat. Ujar walikota

Lebih lanjut walikota Gunungsitoli menyampaikan, Secara umum harus diakui kendala yang kita temui dalam penetapan prioritas program pembangunan adalah tingkat kesenjangan antara anggaran yang tersedia dengan kebutuhan pembangunan yang sangat dinamis.

Zebua, memaparkan bahwa arah kebijakan pembangunan daerah tahun 2019 sebagai tahun ke-III dalam RPJMD Kota Gunungsitoli periode 2016-2021, secara umum difokuskan pada hal-hal diantaranya; pengembangan sistem pendidikan berkualitas, pengembangan kapasitas layanan kesehatan yang terintegrasi, peningkatan nilai tambah produk-produk pertanian, perkebunan, peternakan, kelautan/perikanan, berbasis jasa, perdagangan dan industri, dan pengembangan kapasitas tata kelola pemerintahan. Katanya

"Thema pembangunan Kota Gunungsitoli tahun 2019 yang telah dirumuskan adalah "Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Strategis untuk Keseimbangan Pertumbuhan dan Daya Saing Wilayah".

Turut hadir dalam acara tersebut, mewakili Gubernur Sumatera Utara, Kepala UPT. Aplikasi, Informasi dan Geospasial BAPPEDA Provsu, Popy M. Hutagalung, ST. MT, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Gunungsitoli, Kapolres Nias, mewakili Dandim 0213 Nias, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Wakil Walikota Gunungsitoli Periode 2011-2016, Pimpinan Instansi Vertikal/BUMN/BUMD se-Kota Gunungsitoli, Staf Ahli Walikota


Asisten Sekda Kota Gunungsitoli, Ketua TP. PKK Kota Gunungsitoli, Ketua DWP Kota Gunungsitoli, Para Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Pimpinan Perguruan Tinggi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Budaya, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda dan mewakili Forum Anak Kota Gunungsitoli.
(al)

Dibaca 18 kali