Minggu, 08 April 2018 17:12

Bupati Soekirman Raih Penghargaan Government Award Tahun 2018

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Sei Rampah, restorasihukum.com - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman bersama dengan 36 kepala daerah  yang terdiri dari Gubernur, Bupati/Walikota menerima penghargaan Government Award Tahun 2018 dengan kategori “katahanan pangan” dari Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo bertempat di Grand Thamrin Ballroom, Hotel Pullman Thamrin Jakarta, Kamis (5/4) malam.   

Penghargaan ini merupakan apresiasi dari media Sindo Weekly dan hanya diberikan kepada daerah terbaik atas inspiratif dan kerja keras para kepala daerahnya yang telah mendedikasikan seluruh tenaga dan pikirannya terhadap pengelolaan potensi daerahnya. Sedangkan metode penilaiannya dilakukan melalui riset dari berbagai referensi dan selanjutnya melakukan observasi lapangan.

Demikian disampaikan Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sergai Ikhsan, AP kepada wartawan melalui WhatsApp saat mendampingi Bupati Soekirman disela-sela acara tersebut.   

Lebih lanjut disampaikan Ikhsan bahwa latar belakang diberikannya penghargaan tersebut karena Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini telah berhasil mempertahankan sekaligus mendukung swasembada pangan nasional serta menjadi salah satu lumbung beras di Provinsi Sumatera Utara (Provsu). Surplus beras dari tahun ketahun juga terus meningkat. Salah satunya adalah keberhasilnnya membudidayakan padi organik. Selain itu juga Bupati telah berhasil mendukung Gerakan Sawah Mandiri serta mendongkrak perekonomian para petani.

            Terdapat 2 (dua) kelompok tani yang telah berhasil membudidaya padi organik yaitu Kelompok Tani Fajar Desa Pematang Setrak Kecamatan Teluk Mengkudu dan Desa Lubuk Bayas Kecamatan Perbaungan. Kedua kelompok tani ini berhasil dengan berbagai terobosannya dan hasil panen berupa beras organik dengan lebel “Sri Wangi” mampu menembus pasar modern di Kota Medan. Keberhasilan ini mencuri perhatian dari media besar yang ada di Indonesia dan memberikan anugerah kepada kepala daerahnya.

            Tak hanya itu lanjut Ikhsan, di Kabupaten Sergai juga terdapat pengrajin ikan lele asap yang sudah terkenal yang berada di Desa Kota Galuh Kecamatan Perbaungan. Produk ini juga telah mampu memenuhi permintaan para konsumen hingga keluar sumut.Oleh karenanya dari beras organik hingga ikan lele asap, keduanya telah mampu memenuhi kebutuhan pangan Sergai bahkan dapat disalurkan hingga keluar daerah.  

            Usai menerima penghargaan tersebut Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan rasa syukurnya dan berterimakasih kepada semua pihak terkait yang telah mendukung program dan kegiatan di pemerintahannya terutama dalam hal mempertahankan ketahanan pangan.

            Penghargaan ini diharapkan akan meningkatkan motivasi bagi jajaran Pemkab Sergai untuk terus bekerja keras demi mewujudkan visi dan misi Kabupaten Sergai sehingga dapat mencapai kesejahteraan bagi seluruh masyarakatnya serta bisa menjadi motivasi bagi derah lain untuk meningkatkan kinerjanya dan mencapai prestasi, pungkas Iksan.  

Hadir juga pada perhelatan akbar tersebut Sekjen Kemendagri Drs. Hadi Prabowo, MM, Staf Ahli Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR)  (MAREN)

Dibaca 19 kali