Rabu, 30 Mei 2018 21:45

APBDes Tahun 2018 Bisa Cepat Turun Tergantung Dari Pemerintah Desa

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Pasuruan, restorasihukum.com - Hampir pemerintah desa di kecamatan pandaan mengharapkan Anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun 2018 bisa cepat cair, agar pembangunan terlaksana. Tapi, itu semua pastinya ada syarat untuk pencairannya yakni desa sudah selesai mengajukan kelengkapan pertanggung jawaban seperti LPPD, LKPPD, RKP dan APBDes tahun 2018.

         Menurut camat Pandaan kabupaten Pasuruan melalui Kasi Pemerintahan Adi Pramono, SAP mengatakan bahwa, Anggaran dana dari pemerintah bisa cepat turun, asalkan pemerintah desa bisa cepat mengajukan APBdesnya.

         "Dari Empat belas desa yang ada diwilayah Pandaan, Sepuluh desa sudah menyeleselesaikan pengajuannya dan sudah diserahkan ke DPMD selanjutnya ke BPK, selebihnya belum yakni empat desa seperti desa Wedoro, Nogosari, Banjarkejen dan Kemirisewu," terang Adi pada media restorasihukum.com, Rabu, (30/05/18).

         Untuk desa yang mengajukan pertama adalah desa Plintahan dan desa Banjarsari yakni bulan Maret, bulan ini kedua desa tersebut pasti sudah cair. Sedang desa yang  belum mengajukan APBDes tahun 2018, lanjut Adi, saya harapkan secepatnya untuk segera menyelesaikan, agar dana bisa segera diserap, baik itu dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD).

         "Saya sudah beberapa kali memberikan sosialisasi terkait pencairan APBDes, secepatnya desa bisa menyelesaikan SPJnya, agar dana bisa cepat cair dan bisa dirasakan semua masyarakat," paparnya.

         Ia menambahkan, untuk pencairan dana tahun 2018 ini memang dibuat Tiga tahap, pertama 20%, kedua 40% dan ketiga 40 %. Tidak seperti tahun sebelumnya yakni dua tahap, pertama 60%, kedua 40%.

         "Dengan tiga tahap pencairan seperti ini, dimaksudkan untuk tujuan agar, pemerintah desa lebih bisa lebih cepat membuat laporan pertanggung jawabannya. Sehingga, pencairan tahap selanjutnya bisa cepat cair," imbuhnya.

          Semoga kedepanya, pemerintah desa se-wilayah kecamatan Pandaan lebih baik lagi, sehingga bantuan anggaran dari pemerintah itu bisa terserap dengan baik, bisa menjadikan masyarakat jauh lebih baik dan sejahtera.(sy)

Dibaca 27 kali