Senin, 02 Oktober 2017 13:36

Kemarau Tiga Bulan, Warga Terpaksa Ambil Air di Tengah Sawah

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Tuban,restorasihukum.com - Sudah tiga bulan ini, Warga Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding, Tuban, dilanda kekeringan hebat akibat musim kemarau panjang. Kondisi ini membuat warga desa setempat kesulitan mendapatkan air bersih.

Hal tersebut dialami Nasir. Setiap pagi dan sore hari, Nasir yang hanya bertangan satu ini, terpaksa bersusah susah mencari air dan mengambil air di satu satunya sumur di tengah sawah, yang masih mengeluarkan air. Sementara sumur di rumahnya telah kering beberapa bulan yang lalu.

Air dari sumur di tengah sawah sejauh 3 kilometer dari rumahnya ini, tak benar benar bersih. Terpaksa tetap diambil untuk kebutuhan sehari hari, seperti mandi, cuci, dan minum.

Nasir mengaku tidak bisa mengandalkan air bersih bantuan pemerintah, karena datangnya tidak menentu. Bahkan sejak sepekan ini, bantuan air bersih tak kunjung tiba, padahal persediaan air bersih di bak mandi nasir, sudah menipis.

Musim kemarau yang terjadi sejak tiga terakhir, berdampak bagi kelangsungan masyarakat Tuban. Warga yang berada di wilayah pegunungan kapur, di Kecamatan Semanding, Grabagan, Rengel, Tuban, telah dilanda kekeringan.

Warga harus rela menempuh jarak cukup jauh, untuk mendapatkan air bersih  di sumur yang berlokasi di dekat hutan, karena sumur yang berada di rumah  sudah tidak keluar air. (red)
Dibaca 27 kali