Selasa, 19 September 2017 10:22

Masuk Masa Tanam, Petani Bingung Karena Pupuk Subsidi Menghilang

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Jember, restorasihukum.com- Keberadaan pupuk subsidi di kalangan petani di Desa Kasiyan Timur Kecamatan Puger Jember, kian langka. Apalagi masuk musim tanam semacam ini, membuat para petani kebingungan mencari pupuk jenis urea dan ZA.

Hal seperti ini terjadi di kios milik Koperasi Unit Desa (KUD) Tri Jaya milik Desa Kasiyan Timur Kecamatan Puger Jember. Para petani yang ingin membeli pupuk subsidi terpaksa harus kembali dikarenakan tidak tersedianya pupuk.

Salah satu petani, M Thohir, terpaksa menunggu adanya ketersediaan pupuk subsidi jenis urea dan ZA. Dirinya tidak mampu membeli pupuk non subsidi karena harganya yang terlalu mahal bagi petani. Kebutuhan dirinya mencapai enam sampai delapan sak pupuk bersubsidi.

Kelangkaan pupuk ini sudah terjadi dalam satu bulan terakhir ini, sempat membuat petani kebingungan karena tidak bisa membeli pupuk dari wilayah lain karena takut dengan sanksi hukum.

Sementara itu, Ketua Gapoktan Desa Kasiyan Timur, Hendro Saputro, mengatakan sebulan terakhir ini hanya ada stok pupuk bersubsidi sebesar 2 ton. Hanya pupuk organik dan pupuk nonsubsidi yang harganya lebih mahal. Diharapkan pemerintah segera dapat menyediakan stok yang cukup bagi petani agar petani dapat melakukan pemupukan dengan lancar. (red)

Dibaca 29 kali