Selasa, 17 Oktober 2017 08:44

Kadis PUPR penuhi Panggilan Polres Bondowoso Terkait "Kebohongan Publik"

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Bondowoso,restorasihukum.com -Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bondowoso Drs Karna Suswandi memenuhi panggilan Reskrim Polres Bondowoso untuk memberikan keterangan terkait dugaan melakukan kebohongan publik seperti dilaporkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI).

   Ditemui sejumlah wartawan, Kadis Karna mengaku kedatangannya adalah dalam rangka memenuhi panggilan Reskrim Polres untuk memberikan keterangan terkait adanya unsur kebohongan publik dari pernyataan resminya kepada sejumlah wartawan dalam peristiwa terjadinya longsor di sisi jembatan Kironggo beberapa bulan lalu.

"saya dilaporkan karena diduga melanggar pasal 55 UU no 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dengan tuduhan telah melakukan kebohongan publik. padahal pernyataan saya adalah berdasarkan fakta karena pada saat itu memang terjadi longsor," tutur Karna kamis 12/10/17

   Menurut Karna, UU no 14 itu lebih mengatur pada penyediaan dokumen negara atau pemerintah sehingga masyarakat dapat mengakses setiap informasi yang dikelola oleh instansi milik publik.

"oleh karena itu berbeda antara penyediaan dokumen dengan pernyataan saya kepada wartawan," katanya

   Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bondowoso Julian Kamdo Warokka menyatakan masih terus memproses kasus ini. Saat ini kata dia, pihaknya masih belum menyimpulkan terkait pasal apa yang bisa disangkakan, dan siapa yang dirugikan. "belum bisa disimpulkan masih dalam proses," ucap Kasat Reskrim Bondowoso ini.

Selanjutnya, Kadis Karna menegaskan akan menghargai setiap proses hukum yang akan dilakukan pihak Polres Bondowoso. "Saya hargai dan saya hormati dan saya pasrahkan sama pihak penyidik," tegasnya (Azis/Indra)

Dibaca 65 kali