Senin, 20 November 2017 16:43

Tahun Ini Desa Gunting Akan Punya Bank Sampah

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Pasuruan, restorasihukum.com - Kesadaran masyarakat di desa terhadap lingkungan saat ini memang sangat kurang. Salah satunya yakni warga masyarakat desa Gunting, kecamatan Sukorejo,  kabupaten Pasuruan.

            Masyarakat desa tersebut seakan-akan tidak peduli dengan bahaya yang akan mengintai mereka salah satunya dapat mendatangkan berbagai macam penyakit. Ini terbukti dengan banyaknya sampah menumpuk dan berserakan dialiran sungai. seakan-akan tempat tersebut adalah tempat pembuangan sampah.
 
            Kepala desa Gunting "H. Imam Suwadi" saat dikonfirmasi terkait masalah tersebut mengatakan bahwa memang selama ini warganya banyak yang buang sampahnya di sungai maupun pekarangan. 
 
            "Warga saya memang belum sadar dengan kelestarian lingkungan, mereka masih saja buang sampah ke sungai tanpa mempedulikan dampak dari pembuangan kesungai tersebut, "terangnya pada media restorasihukum.com,(20/11/2017).
 
             Lanjut Imam, dengan masalah sampah tersebut akhirnya kami mempunyai program yakni "Bank Sampah" yang akan kami buat tahun ini. 
 
             "Saya akan laksanakan program pemberdayaan masyarakat tersebut tahun 2017 ini dengan menganggarkan dana sebesar 100 juta, yang nantinya akan dibagi tiga dusun meliputi dusun Genitri, Pajajaran dan Titing. Bank sampah tersebut nantinya akan dikelolah oleh karang taruna tiap dusun,  "kata imam. 
 
               Ia berharap, dengan adanya program bank sampah tersebut, warga masyarakat desa Gunting sadar dan peduli akan kelestarian lingkungan. 
 
               "Dengan begitu warga tidak lagi buang sampah secara sembarangan ke sungai, sehingga warga terhindar dari penyakit," tandasnya. (sy) 
 
 
 
       
 
 
 
Dibaca 30 kali