Pawai Karnafal Desa Martopuro Dalam Rangka Memperingati Hut Kemerdekaan RI Ke-74 Tahun

0
49

Pasuruan, restorasihukum.com – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indoneaia yang ke -74 tahun, pemerintah desa Martopuro, kecamatan Purwosari, kabupaten Pasurun menggelar pawai Karnaval, Minggu, (25/08/19).

Pawai karnafal tersebut diikuti oleh hampir seluruh masyarakat desa Martopuro, yang meliputi 8 dusun dan 27 Rw. Mulai dari anak- sampai orang dewasa ikut memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia. Acara dimulai pukul 13.00 wib dengan start dari lapangan dusun punter dan finish di pasar Purwosari.

Sebagai juri penilaian, pemerintah desa Martopuro menunjuk Muspika sebagai bentuk netralitas.

Start dibuka oleh Muntoha selaku kepala desa Martopuro dan Muspika. Disela acara Muntoha mengatakan pada media restorasihukum.com, jika pawai karnaval ini bertujuan untuk memeriahkan HUT kemerdekaan RI yang ke-74 tahun.

“Pawai karnaval ini, selain untuk memeriahkan Hut RI ke-74 tahun, mengenang jasa para pahlawan kita yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah, sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT, dan yang tidak kalah penting yaitu menumbuhkan rasa patriotisme, cinta tanah air buat generasi penerus bangsa dalam mengisi kemerdekaan, “ucapnya.

Kegiatan ini, lanjut Muntoha, rutin di gelar setiap peringatan hari kemerdekaan. “Berhubung dikecamatan Purwosari agenda karnaval tidak ada, jadi masyarakat meghendaki di gelar pawai karnaval, sebagai agenda rutin yang sifatnya wajib bagi warga desa Martopuro,” pungkasnya

Meski terik matahari sangat menyengat, terlihat masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pawai karnafal. Sepanjang rute, ribuan penonton baik dari warga sendiri maupun dari luar desa memadati, hanya untuk melihat kemeriahan pawai karnafal yang di selenggarakan oleh pemerintahan desa Martopuro.

Pawai karnafal berjalan dengan aman dan lancar, mulai dari awal sampai akhir acara dengan pengamanan dari, Panitia, polsek Purwosari dan Linmas.(sy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here