Pemerintah Aceh Selatan Laksanakan Tata Naskah Dinas

0
7

Aceh Selatan, restorasihukum.com – Naskah Dinas merupakan alat komunikasi diruang lingkup kedinasan dalam bentuk tertulis yang dibuat dan dikeluarkan oleh pejabat berwenang. Untuk menciptakan adanya keseragaman yang baik dalam hal teknis maupun prosedur dalam pemerintahan, Bagian Organisasi Sekretariat Daerah kabupaten Aceh Selatan menggelar Sosialisasi Tata Naskah Dinas, digedung serbaguna Bappeda, Senin (29/7/2019).

Sosialisasi yang dihadiri oleh para pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Aceh Selatan ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari sampai tanggal 30 Juli 2019 esok. Sosialisasi Tata Naskah Dinas akan membahas secara detail mulai pokok – pokok pelaksanaan pengelolaan naskah dinas hingga hal – hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan tata persuratan.

Hadir sebagai Keynote Speaker dalam sosialisasi tersebut yaitu, Biro Organisasi Setda Aceh Drs, Kusmayadi, MM.

Selain itu turut hadir Asisten II  H, Zaini Bakri, S,Sos, MM, Kepala Infokom Asel, Suhasmi Harun, S,Sos, MM, dan para peserta sosialisasi.

Asisten II  H, Zaini Bakri, S,Sos, MM, mewakili Bupati Aceh Selatan menyampaikan, Naskah dinas merupakan sumber administrasi atau dasar melakukan pembangunan di Pemerintahan. Jika komunikasinya baik insyaAllah hasilnya juga akan bagus,” tuturnya.

“Dasar hukum yang mengatur tata naskah dinas diatur dalam Permendagri nomor 54 tahun 2009 tentang pedoman tata naskah dinas dilingkungan pemerintah daerah.

Ia berharap, kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan Sosialisasi Tata Naskah Dinas ini dengan serius dan aktif, sehingga tujuan dari kegiatan Tata Naskah Dinas yaitu menyamakan persepsi dalam penyusunan naskah dinas serta untuk memudahkan dan menciptakan keseragaman dalam pembuatan naskah dinas di lingkungan Pemkab Aceh Selatan,” harapnya.

Sementara itu, ketua panitia (Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Selatan) Ilham Sahputra, S,STP, M,Si memaparkan, peserta Sosialisasi Tata Naskah Dinas tahun 2019 terdiri dari Sekretaris SKPK dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan yang berjumlah 38 peserta.

Sosialisasi Tata Naskah Dinas mengacu pada Permendagri nomor 54 tahun 2009, Tata Naskah Dinas ini nantinya akan dituangkan dalam peraturan Bupati tahun 2019 untuk dapat dijadikan pedoman bagi seluruh unit organisasi dilingkungan pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dalam penyusunan dan pembuatan naskah dinas,”Pungkasnya.  (Zulhilmi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here