Pemerintahan Aceh Selatan Deklarasikan Pencegahan Stunting dan Launching Rumah Gizi

0
14

Aceh Selatan, restorasihukum.com – Bupati Aceh Selatan  H. Azwir S. Sos  dan Launching Rumah Gizi  dalam  rangka upaya meningkatkan Gizi untuk anak agar pertumbuhannya sesuai standard di bawah umur, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan mendeklarasikan pencegahan  Stunting dan Launching Rumah Gizi di alun alun Tapatuan, Kamis (3/10/2019).

Stunting merupakan suatu kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis.

Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran mengungkapkan, sesuai data Dinas Kesehatan, dari 21.395  jumlah balita di Aceh Selatan terdapat 1.895 balita yang mengalami stunting.

Padahal input data baru 50%. Artinya kemungkinan jumlah balita stunting masih bisa bertambah jika input data mencapai 100%.

“Namun hal itu bisa menurun, jika dilakukan pencegahan percepatan secara menyuluruh,” papar Tgk Amran.

Oleh karena itu, Pemkab Aceh Selatan mengimbau kepada para Camat dan Keuchik untuk berkoordinasi dengan Puskesmas setempat guna mengetahui berapa jumlah penderita stunting di kecamatan dan desa masing-masing.

“Hal ini bertujuan demi cepatnya penanganan terhadap penderita stunting yang sudah ditemukan dan dilakukan pencegahan,” pesan Wabup Tgk Amran.

Sementara itu, Wakil TPA PKK Aceh, Dr Ir Dyah Erti Idawati MT juga menyarankan Pemkab Aceh Selatan membuat Perbup agar seluruh biayanya dapat dimasukkan dalam dana desa.

Sedangkan Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Novi Rosmita MKes dalam laporannya menyampaikan para peserta ini juga dikuti dari seluruh anak anak TK dan juga dibarengi dengan drama comical dari tingkat SMA yang diasuh oleh sekretaris Dinkes Novi Rosmita.pungkasny

Zulhilmi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here