Pendaftaran Pilkada Diperpanjang

0
12

Bogor, restorasihukum.com – Berdasarkan hasil rapat koordinasi antara pemerintah dan para pimpinan lembaga negara di Istana Kepresidenan Bogor, Pendaftaran Pilkada Serentak 2015 diperpanjang tujuh hari.

     Terkait hal ini setelah rapat di Istana Kepresidenan Bogor, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan KPU atas rekomendasi Bawaslu nantinya akan memperpanjang satu pekan.

     Untuk diketahui dalam rapat itu hadir Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah menteri dan para pimpinan lembaga negara.

     Dan dalam rapat tersebut membahas tiga agenda yakni penyamaan persepsi untuk menghindari politik gaduh sehingga jika ada perbedaan pandangan antara kementerian/lembaga bisa disegerakan pelaksanaan forum rapat konsultasi.

     Selanjutnya agenda kedua yakni soal sidang tahunan yang biasanya dilaksanakan dua hari dipersingkat menjadi satu hari pada 14 Agustus 2015.

     Dan agenda ketiga soal Pilkada Serentak 2015 yang disepakati akan diperpanjang sepekan waktu pendaftarannya.

     Sementara mengenai perlu tidaknya bagi Presiden untuk mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) menurut Zulkifli Perppu hanya perlu dikeluarkan saat keadaan genting dan memaksa.

     Menurutnya dengan perpanjangan waktu pendaftaran itu diharapkan calon-calon tunggal untuk tujuh daerah tersisa yang tidak bisa mengikuti Pilkada Serentak bisa menemukan solusi terbaik.

     Dalam hal ini, Zulkifli sendiri menganggap aneh dengan usulan penggunaan “bumbung” kosong sebagai lawan calon tunggal agar Pilkada tetap bisa dilaksanakan. “Itu aneh lagi, ini Pilkada kok bukan Pilkades,” pungkasnya. (abk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here