Selasa, 20 Maret 2018 19:37

Peran Orang Tua Faktor Penting Dalam Suksesnya Ujian Sekolah

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Pasuruan, restorasihukum.com - Awal bulan Mei mendatang seluruh sekolah dasar, baik negeri maupun swasta akan laksanakan Ujian Sekolah Berstandart Nasional (USBN) tahun 2018.

          Pastinya, persiapan-persiapan dalam mensukseskan ujian tersebut sudah dilakukan oleh tiap lembaga sekolah. Salah satunya adalah persiapan fisik dan mental siswa yakni dengan simulasi Tryout. Karena dengan itu, ujian nanti pasti terlaksana dengan lancar dan sukses, sehingga hasil yang dicapai bisa maksimal.

          Menurut kepala UPTD pendidikan Prigen "Jamali" mengatakan, untuk Ujian Sekolah Berstandart Nasional (USBN) tahun 2018 diwilayah Prigen sudah siap, baik dari segi fisik maupun mental.

          "Tiap-tiap lembaga sudah mempersiapkan semuanya salah satunya melakukan simulasi TryOut, karena dengan itu, mental siswa dalam melaksanakan ujian nanti sudah siap," kata jamali saat ditemui media restorasihukum.com, (20/03/2018).

          Lanjut Jamali, tidak hanya itu, lembaga sekolah juga lakukan jam tambahan untuk siswa yang akan ujian.

          "Selain memberikan jam tambahan pada murid lembaga juga lakukan istighosah dan doa bersama dengan wali murid, agar nanti dalam melaksanakan ujian berjalan lancar, sukses dan tidak ada kendala apapun," tuturnnya.

          Ia menambahkan, faktor terpenting dalam suksesnya ujian sekolah adalah peran orang tua.

          "Orang tualah yang sangat besar peranannya, karena waktu diluar sekolah lebih banyak. Makanya, dengan dukungan dan pengawasan orang tualah siswa dalam menghadapi ujian nanti bisa sukses," imbuhnya. 

          Jamali berharap, nanti seluruh siswa bisa mengikuti ujian, hasil maksimal dan kecamatan Prigen ini nanti bisa masuk lima besar.

          "Semoga ujian akhir sekolah nanti berjalan lancar, hasilnya bisa lebih baik dari tahun sebelummya, meski tidak bisa juara satu, setidaknya bisa masuk lima besar, karena tahun kemarin prigen peringkat ketujuh," pungkasnya.

          Ditempat terpisah, kepala UPTD Pendidikan kecamatan Pandaan "Tohir" juga menjelaskan hal yang sama terkait persiapan USBN tahun 2018.

          Tohir berharap ujian tahun ini  berjalan dengan lancar dan hasilnya lebih baik dari tahun sebelumnya.

          "Tahun 2017 kemarin kecamatan Pandaan peringkat dua, sedangkan peringkat pertama diraih kecamatan beji. Semoga tahun 2018 ini bisa meraih kembali peringkat pertama seperti dua tahun lalu," pungkasya.(sy)

Dibaca 26 kali