Minggu, 08 April 2018 17:06

Bupati Soekirman, kreditasi Bertujuan Memberikan Penilaian Secara Objektif, Transparan dan Berkelanjutan

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Sei Rampah, restorasihukum.com - Salah satu dari lima misi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang tercantum dalam dokumen RPJMD tahun 2016-2021 adalah meningkatkan kualitas SDM baik masyarakat pada umumnya dan aparatur khususnya melalui penanaman nilai agama, peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, daya saing dan cinta terhadap daerah serta menumbuhkembangkan kehidupan berbudaya dan bermartabat.
            Demikian disampaikan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya sekaligus membuka acara HUT GOPTKI ke-61 yang dirangkaikan dengan Publikasi dan Sosialisasi Penilaian Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini (GOPTKI) Kabupaten Sergai bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Jum’at (6/4).
            Hadir dalam kesempatan tersebut Wabup Darma Wijaya, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI NY. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. drg. Khairani Hadi Winarno, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, narasumber serta para guru TK se-Sergai.
            Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa dalam meningkatkan mutu pendidikan diseluruh level baik formal maupun non formal, pemerintah melakukan pengujian mutu dan kelayakan setiap satuan pendidikan melalui penilaian akreditasi. Akreditasi bertujuan untuk memberikan penilaian (assessment) secara objektif, transparan dan berkelanjutan terhadap kelayakan suatu program dan satuan pendidikan berdasarkan atas kriteria-kriteria yang telah ditetapkan.
Kita ketahui bersama bahwa perkembangan zaman terus berkembang dan siapa yang tidak bisa mengikutinya maka akan tertinggal. Oleh karenanya telah benyak pekerjaan yang dapat medah dilakukan melalui perkembangan teknologi (aplikasi), kata Bupati.
            Menjelang Pilkada pada tahun ini Bupati mengharapkan pada kita semua dapat senantiasa menjaga kekompakan dan kondusifitas daerah meski berbeda pilihan kita tetap kompak. Selain itu kepada para guru TK agar menyampaikankepada masyarakat yang belum terdata pada DPT  untuk memeriksa namanya apakah sudah tertera atau belum.
Kemudian kepada masyarakat yang belum memiliki KTP untuk segera melapor Kades agar diberikan surat keterangan pengganti yang dikeluarkan oleh dinas yang berwenang. Hal ini agar menunjukkan masyarakat Sergai sangat mendukung pelaksanaan Pilkada yang dibuktikan dengan tingginya tingkat kehadiran masyarakat untuk memilih, papar Bupati Soekirman.
Sebelumnya Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya melaporkan tujuan kegiatan diantaranya untuk membangun pemahaman peserta agar mampu menyempurnakan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi dari program dan satuan pengelolaan taman kanak-kanak (TK), meningkatkan mutu program TK, meningkatkan kemampuan peserta dalam memanfaatkan semua informasi hasil akreditasi sebagai umpan balik dalam memberdayakan dan mengembangkan kinerja progtam TK.
Selanjutnya untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam mendorong TK agar selalu berupaya meningkatkan mutu program dan lembaganya secara bertahap, terencana dan kompetitif di kabupaten/kota, provinsi, regional, nasional bahkan internasional. Dan yang terakhir meningkatkan informasi yang handal dan akurat dalam rangka masyarakat pembelajar memperoleh dukungan berupa pembinaan dari pemerintah dan apresiasi masyarakat. Sedangkan waktu pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 6 s/d 7 April 2018 dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang,  kata Rosmaida. (MAREN)

Dibaca 9 kali