Sabtu, 10 Maret 2018 12:18

Festifal Durian Tretes Dalam Rangka Panen Raya Durian 2018 Kabupaten Pasuruan

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Pasuruan, restorasihukum.com -Komunitas pemuda kecamatan Prigen tergabung dalam "Gtres" (Generasi Tretes) bekerjasama dengan Istana Durian Prigen adakan Tretes festifal durian (TFD) dalam Rangka panen raya durian kabupaten Pasuruan 2018. Acara tersebut gelar di PTPN XI (PT.  Perkebunan Nusantara) rumah peristirahatan jaln wilis tretes prigen paauruan Sabtu, (09/03/2018) mulai jam 09.00 pagi sampai jam 20.00 malam. 

           Hanya dengan membeli tiket seharga Rp 50.000 Para pengunjung bisa mendapatkan dua durian hanya dengan menukarkan tiket tersebut. Kebanyakan durian dalam festifal tersebut berasal dari Paserpan dan Nongkojajar. Tidak hanya itu, para penjual durian dari berbagai daerah turut ikut serta meramaikan festifal tersebut.

            Acara tersebut dihadiri oleh Muspika Prigen, lurah Prigen, lurah pecalukan, kepala PTPN dan para pengunjung festifal durian Tretes. Dan pengamanan dari banser, limnas, dan para panitia penyelenggara acara. 

           Menurut Bowo selaku koordinator juga sebagai Panitia penyelenggara TFD, menjelaskan bahwa acara ini sengaja digelar untuk mengangkat pariwisata yang ada di tretes kecamatan Prigen.

          "Tujuan dalam Tretes Featival Durian ini yang paling utama adalah untuk mengangkat nama trestes sendiri dalam bidang pariwisata, karena selama ini masih kala dengan daerah lain. Dengan diselenggarananya TFD ini kedepannya tretes jadi tujuan wisata," tutur Bowo. 

           Lanjutnya, acara ini baru pertama kali digelar di tretes kecamatan Prigen. Kami sudah menyiapkan sekitar 3000 tiket dalam TFD ini.

           "Ini masih sekala kecil mas, harapan kedepannya kami akan adakan festifal ini dalam sekala besar, dan juga agan jadi agenda rutin tiap tahunnya, semoga acaranya lancar sampai selesai," harapnya.

            Dalam festival ini selain durian yang di sajikan, ada juga produck-produck dari kreativitas para pemuda prigen.

            "Selain durian, ada juga produk kopi khas dari prigen sendiri seperti kopi nongko, kopi ledug, dan kopi suwuk, juga ada baju yang semua itu adalah kreativitas anak pemuda tretes," pungkasnya.

            Dalam sambutannya camat Prigen Mujiono memberikan saran agar festifal duren ini jadi agenda rutin setiap tahun.

             "Kalau bisa ini rutin digelar, bukan cuma durian yang di festilakan, buah lain seperti mangga, dan rambutan itu juga bisa," ucap Mujiono.

             Semoga dengan adanya acara ini, pariwisata yang ada di Tretes bisa terangkat," pungkasnya.Dalam acara tersebut juga di lakukan penyerahan secara simbolis berupa durian oleh pihak penyelenggara kepada Muspika. Dan secara resmi TFD dibuka oleh pak Mujiono selaku camat Prigen.

             Para pengunjung dalam TFD juga dihibur oleh musik dangdut rege oleh anak muda tretes. Dan acara tersebut rencananya digelar dua hari.(sy) 

 

Dibaca 172 kali