Kamis, 12 April 2018 17:20

Pelatihan Program Peningkatan Kualitas Dan Produktifitas Tenaga Kerja Di Desa Mojotengah

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Pasuruan, restorasihukum.com - Tahun ini desa Mojotengah, kecamatan Sukorejo, kabupaten Pasuruan mendapatkan pelatihan program peningkatan kualitas dan produktifitas tenaga kerja sub kejuruan Processing IV , Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) dari Disnaskertran Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelayanan Tekhnis Pelatihan Kerja ( UPTPK) Pasuruan tahun anggaran 2018.

          Bertempat di balai desa setempat, program pelatihan bersumber dari APBD tersebut secara resmi dibuka tanggal 26 maret 2018. Para peserta pelatihan tersebut nantinya akan mendapatkan pembinaan maupun bimbingan selama 14 hari. 

          Kepala desa Mojotengah "Moh Sifak" mengatakan bahwa tahun 2018 ini desanya mendapatkan pelatihan program peningkatan kualitas dan produktifitas tenaga kerja dari Disnakertrans Provinsi Jawa Timur.

           "Saya merasa senang mas dengan adanya program dari pemerintah ini. Dengan adanya pelatihan program peningkatan dan kualitas tenaga kerja, masyarakat desa Mojotengah dalam pengolahan hasil pertanian bisa maju dan berkembang," tutur Sifak pada media restorasihukum.com, (12/04/18).

           Para peserta yang ikut pelatihan ini sebanyak dua puluh orang, diambil dari tiap dusun desa Mojotengah. Mereka yang ikut pelatihan, sebelumnya sudah bisa membuat aneka panganan, sehingga saat pelatihan mereka sudah terbiasa.

           "Dalam pelatihan ini para peserta membuat aneka mekanan seperti roti, mie yang terbuat dari bahan alami, kayak daun kelor dan wortwel. Selain itu, juga membuat minuman dari berbagai buah dari hasil pertanian," jelasnya.

            Setelah pelatihan ini selesai, saya akan terus memotivasi, menggerakkan mereka untuk membuat inovasi baru dalam menghasil produksinya.

            "Nanti setelah pelatihan selesai, akan dibuat struktur organisasinya. setiap wilayah ada perwakilannya, sehingga nanti jika ada hajatan warga bisa order baik itu makanan maupun minuman," cetusnya.

             Sifak berharap, kedepannya hasil usaha ini bisa dijadikan ikon desa Mojotengah dan juga akan dikelolah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sehingga nantinya bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa dan perekonomian desa Mojotengah," pungkasnya.(sy)

Dibaca 49 kali