Rabu, 06 Juni 2018 21:03

Tahun 2018 APBDes Desa Jatiarjo Naik Menjadi 1,9 Milyar

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Pasuruan, restorasihukum.com - Hampir semua desa di Indonesia sudah menyerap anggaran bantuan dari pemerintah tahun 2018, baik bersumber dari APBN maupun dari APBD. Meski ada juga pemerintah desa yang belum bisa menyerap anggaran dana, karena ada kendala terkait pengajuan laporan yang kurang lengkap.

           Salah satu desa yang sudah menyerap Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2018, adalah desa Jatiarjo, kecamatan Prigen, kabupaten Pasuruan.

           Kepala desa Jatiarjo "Sareh"mengatakan, APBDes 2018 sudah terserap sebesar 20% dari Dana Desa (DD), 40% dari Alokasi Dana Desa (ADD). 

           "Tidak hanya itu, anggaran pendapatan belanja desa tahun ini meningkat dibanding tahun 2017 dari 1,6 Milyar naik menjadi 1,9 Milyar, " terangnya pada media restorasihukum.com, Rabu,(06/06/18)

           Tahun ini, lanjut Sareh, masih prioritaskan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan.

           "Tahun ini masih prioritaskan pembangunan infrastruktur sebanyak 25 titik seperti pavingisasi, drainase, tembok penahan tanah (TPT), juga ada wisata kampung kopi. Selain pembangunan, juga pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan," paparnya.

           Untuk tahap pertama ini, pembangunan paving di 3 titik yakni dusun Tonggoa, rt 40, volume 300x2 sebesar 40 juta, rt 42, volume 200x2 sebesar 35 juta,  jalan penghubung antara dusun Tegal Kidul dengan dusun Tonggoa, volume 250x 3 sebesar 120 juta. Ada juga perbaikan TPT, dusun Cowek, volume 6x2 sebesar 11 juta,  pengecetan kantor desa sebesar 27 juta, penambalan aspal atau tambal sulam, dusun Tegal Kidul sepanjang satu kilo sebesar 15,5 juta. Cuma tambal sulam yang pakai rekanan," tuturnya.

           Ia menambahkan, pembangunan tahap pertama ini, semua sudah selesai dikerjakan, terakhir tinggal tambal sulam saja. 

           "Semoga dengan adanya pembangunan didesa Jatiarjo, masyarakat bisa merasakan dan menikmati dana desa ini, sehingga kedepannya, perekonomian masyarakat lebih meningkat dan lebih sejahtera," pungkasnya.(sy)

Dibaca 29 kali