Ratusan Kades Ngluruk Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo

0
10

Sidoarjo, restorasihukum.com – Para Kades dan perangkatnya yang tergabung dalam Paguyuban Kepala Desa (PKD) Kab Sidoarjo, ngluluruk Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Selasa.

     Dalam aksinya tersebut, mereka membacakan tuntutan dan harus dipenuhi oleh Pemkab Sidoarjo. Di antara tuntutan PKD itu, segera ditetapkannya Perbub tentang tata cara pengalokasian alokasi dana desa sesuai PP No 43 tahun 2014.
    
     Menurut Sekretaris PKD Khoirun Nashirin aksi ini dilakukan untuk menuntut kesejahteraan. Aparat desa adalah tulang punggung dari roda pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Kesejahteraan di tingkat desa, harus diperhatikan,” tegasnya.

     “Untuk kesejahteraan, kami menuntut diterbitkannya Perbup tentang besaran penghasilan tetap (pasal 81), untuk perangkat desa sesuai UMK, penghasilan tetap kades 200% dari perangkat desa penghasilan 70 % bagi sekretaris desa dari penghasilan tetap kades,” terangnya.

     Dalam aksinya itu PKD juga menolak keras Pjs Kades dari PNS, tanah bengkok pengelolaannya harus dikembalikan ke desa, karena untuk ganjaran kades dan perangkatnya. “Kami juga menuntut percepatan penanganan infrstruktur jalan rusak di desa-desa, termasuk masalah banjir,” pinta pria yang menjabat sebagai Kades Kepuh Kiriman Kecamatan Waru itu.

     Pada intinya aksi yang dilakukan ratusan aparat desa tersebut  adalah mereka menuntut kesejahteraan dan kebijakan dalam soal perijinan pembangunan dan lainnya, yang melibatkan desa.(sgt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here