Senin, 09 Oktober 2017 11:16

Warga Keluhkan Pengeboran ABT oleh PT Merak Jaya Beton

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Pasuruan, restorasihukum.com - Pengeboraan Air Bawah Tanah ( ABT ) yang dilakukan oleh PT Merak Jaya Beton (MJB) di Dusun Sumbertejo, Desa Tejowangi, Kecamatan Purwodadi mendapat sorotan tajam dari warga sekitar karena diduga tidak memiliki ijin (SIPPAT) dari instansi terkait, sedang dari pihak manajemen pengebor mengatakan bahwa ijin pengeboran masih dalam tahap proses.

        “Ijin masih dalam proses mas, kalo ada warga yang mengeluhkan adanya proyek ini, kita akan datangi,” ujar Antok selaku HRD PT. Merak Jaya Beton pada media.

         Sedangkan warga setempat mengaku, pengeboran ABT yang dilakukan PT MJB di lingkungannya sangat dikeluhkan oleh warga setempat.”Adanya proyek tersebut, banyak warga yang mengeluh debit air sumur di rumahnya berkurang, apalagi dimusim yang tidak menentu seperti saat ini." ujar Subkhan, warga setempat pada media.

          Subkhan menduga, PT MJB belum memiliki perijinan dari instansi terkait. Bukan hanya itu, selama pelaksanaan proyek tersebut belum pernah ada sosialisasi dengan warga setempat. “Baru setelah pengeboran selesai, pihak manajemen melakukan sosialisasi ke sebagian warga. Dalam hal ini kami akan melakukan pelaporan ke instansi terkait mengharap supaya diberi sanksi tegas bagi perusahaan yang menyalahi aturan,” ujarnya.

          Sementara itu, Heri Sugeng Priyono, Kabid penataan dan peningkatan kapasitas lingkungan hidup dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Pasuruan berjanji akan menyikapi tentang adanya legalitas ijin pengeboran ABT, “Iya coba koordinasi ke Satpol PP Kabupaten Pasuruan dulu, kita tinggal tunggu jawabannya.” Ujarnya. (red)

Dibaca 14 kali