Jumat, 13 Oktober 2017 06:18

Galian C Tanpa Ijin Wilayah Singosari, Polres Malang Terkesan Membiarkan

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Malang, restorasihukum.com - Berdasarkan informasi masyarakat akan maraknya galian c ilegal (tanpa ijin) yang ada diwilayah Malang raya, tim investigasi media restorasihukum.com coba ke polres Malang untuk klarifikasi kejelasan akan galian c tanpa ijin di wilayah Kecamatan Singosari sampai berita ini diterbitkan masih belum ada kejelasan dari aparat penegak hukum. (11-10-2017)

             Melalui Kabid humas "Akp Farid Fatoni" beliau menyampaikan kalau masalah galian c tanya saja ke polsek setempat, sepanjang ada ijinnya tidak melanggar hukum, banyak keluhan dari warga tentang galian c, jika memang galian itu tidak mengantongi surat ijin, jelas itu melanggar. Tapi banyak galian c wilayah Kecamatan Singosari sudah ada ijinnya.

             "Kalau proyek nasional itu jelas ada surat ijinnya nggak mungkin kalau nggak ada ijinnya itu, kalau tidak mbak klarifikasi ke dinas perijinan dulu jika benar tidak ada surat ijin mbak bikin laporan saja ke reskrim biar nanti segera ditindak lanjuti." Ungkapnya singkat.

            Melalui salah satu anggota reserse "Aiptu Ihsan" beliau menyampaikan pada awak media restorasihukum.com agar mengecek kebenaran informasi yang ada dan seakan tidak mempercayai informasi dari tim, " pertama jenengan cek dulu perijinannya lalu yang lapor harus masyarakat setempat untuk mengisi kelengkapan data kalau jenengan kan bukan warga setempat jadi nggak bisa bikin laporan jenengan cuma menfasilitasi warga, yang penting galian tersebut memang benar tidak ada ijinnya nanti baru akan kita tanggani." Terangnya.

           Apa yang disampaikan dari Humas polres dan anggota Reskrim berbeda dengan yang disampaikan oleh Kapolsek Singosari Kompol Arifaini yang menyampaikan, karena itu proyek pemerintah maka pihaknya tidak berwenang untuk memproses, sehingga pihaknya mengarahkan awak media klasifikasi kepolres. "Itu proyek nasional jadi kami tidak punya kewenangan untuk menindak, silakan kepolres saja." Ungkapnya.

            Dari kejadian ini kuat dugaan polres Malang sengaja membiarkan galian c tanpa ijin beroperasi dengan mengabaikan informasi dari wartawan restorasihukum.com yang sudah mencari informasi dari masyarakat bahkan sampai adanya informasi dari kepala desa setempat yang menyebutkan bahwa memang galian c tersebut belum kantongi ijin. (abr/sy)

Dibaca 178 kali