Kamis, 08 Februari 2018 09:05

Dari Mana Sitrul Kembalikan Uang Korupsi PT WUS Sebanyak Rp 2,289 miliar

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Surabaya, restorasihukum.com - Penahanan Eks Direktur PT WUS oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim beberapa waktu lalu cukup mengagetkan publik Jatim, terutama dilingkaran Pejabat Pemkab Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Namun yang lebih menghebohkan lagi,beberapa pekan setelah Bupati Dan Wabup Sumenep ikut diperiksa Kejati Jatim, tersiar kabar adanya pengembalian uang korupsi dana Participating Interest (PI) PT Wira Usaha Sumekar (WUS) yang menyeret Sitrul Arsyih Musaie.

“Luar biasa sekali dong kekayaan mantan direktur PT WUS yang secepat itu bisa mengembalikan uang miliaran rupiah,” ujar Zamrud Khan, Direktur KONTRA’SM kepada VISIT.CO.ID, Rabu 7 Februari 2018.

Adik kandung pengacara kondang yang juga salah satu pendiri ILC itu mengaku penasaran dari uang pengembalian uang tersebut.

“Maka patut, apabila tersangka pelaku dugaan tindak pidana korupsi dana PI itu diperiksa kekayaannya, maupun aset lainnya yang tidak menutup kemungkinan adanya dugaan yang mengarah kepada pencucian uang perusahaan. Itu penting dan kami mendukung penuh pihak penegak hukum, ” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, setelah ditahan pihak Kejati Jatim, Bupati Sumenep dan Wabup Achmad Fauzi juga diperiksa oleh penyidik.
Diluar dugaan, pada hari Rabu (27/12/2017) yang bersangkutan mengembalikan uang kepada negara sebesar Rp 2,289 miliar dan USD 35.969 yang diserahkan kepada jaksa penyidik pidana khusus (Pidsus) Kejati Jatim.

Kasus korupsi PT WUS itu sendiri disidik oleh Kejati Jatim sejak bulan Juli 2017. Diperkuat dengan hasil audit BPK terhadap PT WUS ditemukan banyak kejanggalan saat Direktur Utama dijabat Sitrul, ada beberapa pengeluaran yang tidak jelas pertanggungjawabannya lari kemana.

Selain menetapkan dan menahan Sitrul, Kejati Jatim juga memeriksa Bupati Sumenep dan Wabup Achmad Fauzi, serta menahan mantan Bendahara PT WUS, yakni Taufadi yang sempat dikabarkan bakal maju menjadi salah satu kandidat dalam catur politik Pilkada Pamekasan tahun ini. (red)

Dibaca 48 kali