Senin, 19 Maret 2018 16:21

Jelang Pilkada Pakde Karwo Minta Satpol PP Dan Satlinmas Jaga Suasana Damai

Oleh: 
Beri rating berita ini
(0 votes)

Surabaya,  restorasihukum.com - Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo meminta kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) untuk menjaga suasana damai di Jatim,  yarat utama kesuksesan penyelenggaraan Pilkada serentak pada tahun 2018 ini.  

“Suasana damai dan aman adalah harga mati di Jatim. Tugas anda adalah menegakkan Undang-Undang, Perda, dan Peraturan Kepala Daerah atau Perkada. Sekarang fokusnya di pilkada, maka kemudian tugas pokoknya bagaimana Jatim damai” kata Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim saat menjadi Irup Peringatan HUT ke-68 Satpol PP dan HUT ke-56 Linmas di Halaman Kantor Bupati Gresik, Senin (19/3).

Pakde Karwo mengatakan, untuk menjaga suasana damai, Satpol PP dan Linmas dibekali fungsi untuk senantiasa siap siaga menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di seluruh tahapan pilkada. baik sebelum, saat, dan setelah pemungutan suara.

     “Kondisi damai ini akan dikoordinir bupati, walikota, bersama kapolres dan dandim. Maka kemudian Satpol PP dan Linmas-nya bersatu, ikut mendukung, diantaranya untuk mendeteksi dini dan mencegah dini munculnya permasalahan saat masa pilkada” katanya.

Jika terjadi permasalahan, lanjut Pakde Karwo, Satpol PP dan Linmas diharapkan bisa menyelesaikan masalah tersebut pada tingkat kecamatan. Karena itu, Satpol PP dan Linmas harus menguasai peraturan perundangan tentang Pilkada, Perda, dan juga Perkada di daerahnya.

“Jadi problemnya harus bisa diselesaikan oleh Satpol PP dan Linmas di tingkat kecamatan, dan dibawah pengendalian kapolres dan dandim. Jangan sampai api menjadi lebih luas, karena akan mengakibatkan panik dan emosional. Jangan sedikit-sedikit lapor ke bupati/walikota selesaikan dulu di tempat saudara”.lanjutnya.

Gubernur kelahiran Madiun ini menegaskan, secara hierarkis, dirinya, kapolda, pangdam, bupati/walikota, kapolres dandim, dan Forkopimda akan terus mengontrol dan membina pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Satpol PP dan Linmas agar berjalan dengan baik.

“Jadi kedepan kami harap semua masalah bisa diselesaikan di kecamatan, dan camat harus tanggung jawab di teritorinya. Hal ini akan dikontrol bupati/walikota, serta kapolres dan dandim di wilayah masing-masing, Ingat, yang sedikit-sedikit laporan akan dicatat dan direkom bahwa anda tidak melaksanakan tugas dengan baik” tegasnya.

*Mendagri Minta Sapol PP dan Linmas Terus Lakukan Koordinasi*

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Pakde Karwo, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo meminta Satpol PP dan Linmas untuk terus berkoordinasi, dan berintegrasi secara vertical maupun horizontal dengan instansi terkait saat pilkada mendatang, seperti KPU, Bawaslu, TNI dan Polri.

Menurutnya, sesuai dengan tema HUT nya “Satpol PP dan Satlinmas Siap Mengawal Pilkada Serentak 2018”, Satpol PP dan Satlinmas harus senantiasa tegas terhadap tugas dan terus meningkatkan kualitasnya, baik sebagai abdi negara maupun abdi masyarakat sesuai fungsi operasional di lapangan.

Ditambahkan, peringatan HUT tahun ini sangat istimewa, karena bersamaan tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak se Indonesia. Karena itu, apel siaga tahun ini menjadi momen penting guna membulatkan tekad untuk siap mengawal Pilkada serentak secara profesional oleh aparatur Satpol PP dan Satlinmas.

“Merujuk kesiapsiagaan Satpol PP dan Satlimas dalam turut mendukung Pilkada, saya anggap ada relevansi dalam tupoksinya dalam penegakan perda dan membantu menjaga ketertiban umum selama pelaksanaan pilkada,” tambahnya.

Seusia UU No 10 tahun 2016 tentang Pilkada, imbuh Pakde Karwo, Satpol PP dan Satlinmas diharapkan senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum, ketentraman masyarakat serta aktif sebagai tenaga pengaman langsung.

Usai pelaksanaan upacara, acara dilanjutkan dengan defile 36 peleton pasukan upacara Satpol PP dan 14 peleton pasukan Linmas, kemudian dilanjutkan tarian Giri Shalawat persembahan dari Pemkab Gresik. Pada akhir acara, diumumkan pemenang lomba ketertiban dan kerapian pasukan, dimana sebagai juara I diraih oleh Satpol PP Kabupaten Madiun nilai 975, juara II diraih Satpol PP Kota Madiun nilai 960, juara III diraih Satpol PP Kab. Sidoarjo nilai 945.

Acara ini dihadiri oleh Kapolda Jatim, Pangdam V/Brawijaya, para bupati/walikota, kapolres, dandim, para kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim, para kepala OPD di lingkup Pemkab Gresik, serta masyarakat dan awak media. (red/adit)

Dibaca 23 kali