Sukoharjo Sarang Penimbun BBM Subsidi Kebal Hukum

0
12

Sukoharjo restorasihukum.com – Menyikapi penyalagunaan BBM bersubsidi jenis solar yang menjadi sorotan Mabes Polri , media RHN ( Restorasi Hukum Nasional ) investigasi bersama tim menemukan salah satu tempat penimbunan Bbm subsidi jenis solar. Tepatnya di Jalan Slamet Riyadi Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah ( Gudang tersebut adalah Agen LPG ).

Diduga disitulah aktifitas penimbunan dilakukan oleh PT Cahaya Hidup Sejahtera ( CHS ) sebut saja Bambang. Disinyalir, Desember 2013 beliau telah menjalani proses hukum dengan fonis yang sangat mengejutkan 4,5 bulan dan denda Rp 15 juta. Perlu diketahui bahwa pelangaran Undang Undang Migas No 22 tahun 2001 adalah  ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda 50 milyar ini diangap sangat tidak setimpal dengan pelangaran yang dilakukan.

       Pada saat itu ditemukan pelangaran migas penimbunan BBM solar bersubsidi sebesar 60 ton atau sekitar 60 ribu liter dan 9 tangki untuk menimbun, 3 mesin alkon dan satu buah mesin diesel (untuk menyedot BBM solar tersebut). Ironisnya pada saat barang bukti tersebut sudah di police line diawal Mei 2014 barang bukti sudah berkurang cukup drastis dari 60 ribu liter hanya tersisa 11,5 ribu liter saja. Diduga bbm tersebut mengalami kebocoran tangki bukanya dari bawah melainkan dari lubang diatas. 

      Bambang selaku terduga saat ini sudah melakukan aktifitasnya kembali bahkan menyampaikan pada tim media ini ” Tulis saja besar besar, sondingkan ke Polres dan Polda Jateng saya tidak takut. ” ungkapnya menantang.

Terpisah , Polres Sukoharjo saat dikonfirmasi AKBP Andiy Rifai . SIK MH menyampaikan akan menindak tegas para pelaku penimbun BBM Bersubsidi tapi sampai berita ini diterbitkan belum juga ada tindakan yang berarti . Sedangkan penimbunan masih terus dilakukan bahkan semakin  jadi.

BBM bersubsidi yang seharusnya bisa dinikmati oleh masyarakat tapi dinikmati oleh Bambang CS yang nantinya dijual pada para industriawan yang juga menjadi pelangar hukum dengan membeli BBM industri Abal Abal milik Bambang tanpa membayar pajak. 

 Suripto, SH selaku ketua lelang Kejaksaan Negeri Sukoharjo mengatakan bahwa ,”  Pemenang lelang  Barang bukti diatas yaitu 60 ton solar subsidi , 9 tangki, 3 mesin Alcon dan 1 diesel   adalah sindikat  ( Gunawan ) dan orangnya itu itu saja yang menawar dalam pelelangan waktu itu “. ( RD/NN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here