Villa Tak Berizin Desa Tulungrejo Gagal Launching

0
29

Batu, restorasihukum.com – Sebuah bangunan yang disinyalir sebagai usaha penginapan wisatawan, serta memiliki sekitar 48 kamar terancam gagal Launching, penyebabnya usaha tersebut dalam kategori ilegal atau tak berijin.

Selain diduga tak mengantongi IMB, usaha Villa yang berlokasi di Desa Tulungrejo tersebut dipastikan tak memiliki Ijin Lingkungan.

Dikonfirmasi tentang hal tersebut, Kades Tulungrejo tak mengelak, Iapun menyatakan keterangan tentang usaha tak berijin milik harnanto, “Kami dari pihak Desa memang belum pernah bertemu, diajak bicara atau menerima permohonan pengurusan ijin terkait usaha penginapan berjenis villa  atau hotel tersebut.

” Ini sangat kami sayangkan,padahal pihak Desa tidak pernah menghalangi halangi atau mempersulit sebuah investasi ,apalagi itu demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Desa.

Namun seorang pengusaha harusnya tahu cara beretika yang baik bila memasuki wilayah seseorang, ijin

 lingkungan mutlak diperlukan dalam adat masyarakat kita, dan itu harus dijalani, dihormati dan dilaksanakan.

Semua demi keamanan, kenyamanan masyarakat, pengusaha dan orang orang yang mengunjungi tempat usaha mereka, terang Kades Suliono.

Nah, kalau seperti ini, kami juga bertanya tanya, disamping masalah ijin, airnya darimana, Limbahnya dibuang kemana dan resapannya bagaimana? hal demikian akan berdampak lingkungan, imbuh Suliono dengan mimik sedikit meradang.

Senada, Trantib Kecamatan Bumiaji, Untung  mengatakan telah menghimbau agar Launching tidak dilaksanakan sebelum proses dilalui, diawali ijin lingkungan  hingga urusan ijin lainnya.

Disisi lain, kami masih  memberikan keleluasan kepada mereka yang berniat  mengadakan syukuran kamis (1/8/2019). Itu  berhubungan dengan kepercayaan,ya silahkan saja.

Tapi untuk pembukaan usaha, dalam arti” menerima tamu” tidak boleh dilakukan sebelum semuanya dapat persetujuan dan dibuktikan dengan legalitas yang jelas,ucap Untung.

Dikonfirmasi langsung oleh restorasihukum.com ,rabu sore (31/7/2019), Karyawan kepercayaan dari Harnanto, Sasongko menjelaskan ,” Acara besok (Kamis) bukan Launching usaha kami, melainkan syukuran atas selesainya renovasi yang telah berjalan selama kurang lebih 5 bulan,.

Disinggung terkait komunikasi ,sosialisasi serta ijin kepada warga setempat, Sasongko mengaku tidak paham, saya hanya karyawan teknis saja, mengenai hal seperti itu tidak paham,

Yang saya tahu, Pak Harnato hanya meneruskan renovasi, bangunan tetap sama, dulu juga sudah menjadi villa, elaknya.

Namun Ia berinisiatif  menyampaikan hal tersebut kepada pimpinannya, Sasongkopun mengaku telah didatangi Kades bersama Trantib kecamatan Bumiaji dan Pihak Stapol PP yang akan mengirimkan surat pemanggilan. Yudi/Ririn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here