Warga Sumbersari Terganggu Bau Menyengat Limbah Pembuangan Transmart

0
5

Jember, restorasihukum.com – Warga yang tinggal di sekitaran Jalan Majapahit, Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengeluhkan bau tak sedap yang diduga limbah pembuangan di saluran air dari Toko Retail Modern Transmart.

“Baunya itu menyengat, amis dan tidak enak,” kata salah seorang warga Puspa saat dikonfirmasi wartawan, Jumat pagi (01/2/2019).

Menurutnya, bau menyengat itu selalu dirasakan di atas jam 9 pagi. Bahkan hingga siang hari, bau menyengat itu belum juga hilang.

Sementara itu, Ketua RT Setempat Agus mengakui, bau menyengat yang dialami olehnya dan juga warganya, sebenarnya sudah lama dirasakan. Namun, Agus sempat mengira aroma tidak mengenakkan itu keluar dari bangkai hewan.

“Baunya menyengat, dan saya kira ada tikus mati. Tetapi saya cari tidak ada di sekitaran rumah. Apa yang saya rasakan juga sama dengan warga lainnya,” kata Agus.

Setelah ditelusuri, lanjut Agus, bau menyengat itu berasal dari saluran air, yang juga menjadi saluran pembuangan limbah Transmart. Dengan kondisi tersebut,  pihaknya berharap ada pengolahan sampah yang baik.

“Mal sebesar ini tolonglah punya alat pengolah limbah yang baik. Jangan malah merugikan warga begini, dengan baunya yang menyengat,” ungkapnya.

Mengetahui keluhan warganya, Camat Kaliwates Gatot Triono langsung melakukan sidak ke lokasi yang dikeluhkan warganya. Menurut Gatot, keluhan yang disampaikan warga benar adanya.

“Dari pengecekan bersama Kapolsek dan Danramil, diduga memang berasal dari pembuangan limbah mall ini. Nanti kami akan coba minta klarifikasi dari manajemennya,” kata Gatot.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here