Waspada, Jelang Idul Adha Pendagang Nakal Jual Kambing Pemakan Sampah

0
13

Tuban, restorasihukum.com – Berhati-hatilah jika membeli hewan untuk berkurban. Di Kabupaten Tuban, terdapat kambing liar pemakan sampah.

Seperti terlihat di Tempat Pemprosesan Akhir Sampah, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban. Setiap hari, ratusan kambing  milik warga sengaja dilepas untuk mencari makan di lokasi tempat pembuangan sampah.

Kambing-kambing ini memakan berbagai jenis sampah, baik organik maupun non organik tiap harinya. Bahkan, kambing ini juga memakan sampah plastik yang sukar dicerna oleh organ makhluk hidup.

Menurut dr. Bambang Lukmantono, dokter umum Tuban, sebaiknya masyarakat mewasdai kambing pemakan sampah ini. Sebab daging kambing pemakan sampah, bisa mendatangkan penyakit bagi yang mengkonsumsinya.

Daging kambing pemakan sampah kurang layak dikonsumsi. Terlebih kambing tersebut digunakan untuk kurban hari raya idul adha.

“Di dalam sampah organik maupun non organik, banyak kotoran sumber penyakit bagi orang yang mengkonsumsinya. Salah satunya bakteri salmonella typhosa yang bisa menyebabkan penyakit tipus,” kata dr. Bambang Lukmantono.

Namun jika terpaksa harus dikonsumsi, kambing kurban yang belum disembelih, harus melalui beberapa proses. Diantaranya harus melakukan uji lab atau mensterilkan kondisi daging kurban terlebih dahulu.

“Dengan memeriksa seluruh organ daging kurban tersebut, akan bisa diketahui apakah daging layak dikonsumsi atau tidak. Selain itu, ketika akan dikonsumsi, juga harus dimasak hingga matang,” terang dr. Bambang Lukmantono.

Jelang perayaan idul adha, para pedagang nakal kerap memanfaatkan momen ini untuk menjual kambing pemakan sampah. Karena harga belinya yang murah dan dapat dijual kembali dengan harga yang sama dengan kambing normal lainnya. Sehingga para pedagang ini meraup untung besar.

Untuk itu, para pembeli wajib cemas dan berhati-hati memilih kondisi hewan untuk hewan kurban. Perhatikan kondisi fisik dan umur kambing, serta periksa postur tubuh dan kelengkapannya. (pul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here